Soal Harga Sawit, Staf Ahli Bocorkan “Rahasia” Bupati Sapuan

Kamis 07-10-2021,19:10 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO >>>  MUKOMUKO >>>  Harga tandan buah segar (TBS) atau buah sawit matang di Kabupaten Mukomuko sudah setahun ini terus berada di tren positif. Bahkan pada pekan ini, harga sawit kembali naik. Harga beli pabrik CPO sudah di atas Rp 2.300 per kilogram, tertinggi mencapai Rp 2.520 per kilogram.

Ternyata, Bupati Mukomuko, H. Sapuan, SE., MM., Ak., CA., CPA punya rahasia tersendiri dalam mengawal harga sawit di daerah ini. Hal ini diungkapkan Staf Ahli Setdakab Mukomuko Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Keuangan, Drs. Yandaryat.

Kata Yandaryat, harga buah sawit di tingkat petani, sangat ditentukan oleh harga minyak kelapa sawit mentah atau CPO di pasar dunia. Jika tidak ada "permainan", harga CPO di pasaran tinggi, otomatis harga sawit hingga tingkat petani juga bakal tinggi. "Rumus sederhananya seperti itu, kira-kira," sebutnya.

Untuk mengawal hal tersebut, ungkap Yandaryat, Bupati Mukomuko yang berlatar belakang pengusaha ini, setiap pagi rutin memantau penjualan dan harga CPO dari Indonesia ke negara tujuan ekspor. Informasi mengenai CPO di pasar dunia itu, lanjut Yan, Bupati teruskan ke pihak perusahaan pabrik-pabrik CPO yang beroperasi di wilayah Kabupaten Mukomuko.

"Tujuannya apa? Agar mereka (pihak perusahaan) tahu, kalau kita juga tahu perkembangan CPO dunia. Ini kita bukan menuduh, tapi kalau kita tidak tahu perkembangan CPO di pasar dunia, cela 'bermain' harga sawit bisa saja terjadi. Bupati selalu menekankan kepada pihak perusahaan jangan main-main dengan harga sawit yang dapat merugikan petani," beber Yandaryat.

Harga Sawit Naik di Pekan Ini

Dari rilis pihak Dinas Pertanian yang disampaikan Kasi  Kemitraan dan Perizinan, Sudiyanto bahwa harga sawit di tingkat pabrik mengalami kenaikan. Saat ini rata-rata harga Rp 2.400 per kilogram. Bahkan di satu pabrik sudah Rp 2.520 per kilo. "Harga tbs kelapa sawit naik Rp 40 - Rp 80 per kilogram di banding harga tiga hari lalu. Semoga hal ini berlanjut demi kemakmuran masyarakat," ucapnya.

Berikut harga TBS kelapa sawit di Kabupaten Mukomuko, Kamis, 07 Oktober 2021: PT. SAPTA Rp 2.350, PT. KSM Rp 2.430, PT. MMIL Rp 2.430, PT. SSS Rp 2.420, PT. SAP Rp 2.410, PT. KAS Rp 2.360, PT. DDP Rp 2.440, PT. USM Rp 2.520, PT. BMK Rp 2.480, dan PT. GSS Rp 2.460 per kilogram. (sam)

Tags :
Kategori :

Terkait