Universitas Bengkulu Gelar Gemilang FISIP

Selasa 12-10-2021,15:19 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO >>> BENGKULU >>> BEM Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik KBM Unib menggelar acara Gemilang FISIP. Ini  merupakan salah satu program unggulan yang dilaksanakan untuk pertama kalinya pada tahun ini. Gemilang FISIP ini merupakan pekan ilmiah yang domain atau pihak keterlibatan berskala umum nasional. Kegiatan   ini mengangkat tema towards  the glorious Fisip with our strenght and mind.

“Tujuan pemilihan tema besar ini sebetulnya adalah untuk mengexflor bahwa fisip ini akan bisa maju dengan pikiran dan kekuatan. Dengan itu selanjutnya akan diakumulasikan menjadi suatu kegiatan yang disebut sebagai Gemilang Fisip. Tema itu merupakan aktualisasi dari berbagai tema kegiatan. Karena masing-masing lomba ada tema tersendiri,” ujar Rifa Fariza Adhyma Saputra (21), Gubernur BEM FISIP Unib saat dihubungi radarbengkuluonline.com, Selasa (12/10).

Acara ini, lanjutnya, terbuka untuk umum, khususnya bagi mahasiswa Universitas Bengkulu. Pendaftarannya sudah dimulai sejak tanggal 27 September untuk pembukaan seleksi berkas bagi karya tulis, dan berakhir pada malam puncak yang akan diselenggarakan bertepatan dengan seminar Nasional pada 31 Oktober 2021.

Lomba yang diadakan di acara Gemilang FISIP ini ada empat. Pertama Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN) yang bekerja sama dengan UKM Forsei dengan mengangkat tema “Peran dan inovasi pemuda dalam menanggulangi covid-19” yang ditujukan untuk mahasiswa aktif D3/S1 se-Indonesia. Kedua lomba poster ilmiah nasional yang pendaftarannya terbuka untuk seluruh mahasiswa aktif D3/S1 dan siswa/i SMA sederajat seluruh Indonesia. Ketiga lomba Debat Mahasiswa dengan mengangkat tema “ berbagai dilema pandemi Covid-19 dari kacamata mahasiswa” yang pendaftarannya telah dimulai sejak 7 Oktober lalu sampai dengan 21 Oktober 2021 dan pada acara debat ini dilaksanakan spesial se-Sumbagsel dan Sumbar. Terakhir seminar nasional dengan tema “Dilema pandemi terus terjadi, reparasi dunia pendidikan sudahkah menjadi solusi ?” Acara ini dapat diikuti oleh mahasiswa aktif, siswa/i, dan guru diseluruh Indonesia. Informasi lebih lanjut bisa dilihat di Instagram @bemfisipkbmunib.

“Untuk saat ini sudah ada beberapa tim yang sudah mendaftarkan dirinya. Seperti dari Universitas Bengkulu itu sudah ada tiga tim dari berbagai UKM yang ada dan juga ada beberapa tim yang baru menanyakan perihal prosedur dan mempersiapkan timnya untuk mendaftar. Karena tenggat waktu yang diberikan dalam proses pendaftaran cukup lama,” tambahnya.

Mengenai juri, Rifa mengatakan untuk lomba debat pihaknya akan melibatkan tiga orang yang sangat berkompeten. Dua orang diantaranya merupakan mahasiswa berprestasi yang sudah lulus dari Universitas Bengkulu yang pernah menjuarai lomba debat Mahkamah Konstitusi tingkat Nasional dan membawa nama Universitas Bengkulu untuk pertama kalinya menjuarai perlombaan tingkat nasional. Juri ketiga merupakan seorang motivator muda dan sekaligus merupakan salah satu expert dalam beberapa perlombaan debat. (Mg-4)

Tags :
Kategori :

Terkait