Sambut Presiden HDCI, Kesempatan Mukomuko Promosi Potensi Daerah

Senin 18-10-2021,22:29 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO >>>  MUKOMUKO >>>  Kabupaten Mukomuko berkesempatan mempromosikan potensi daerah secara nasional. Ini berkat kehadiran Harley Davidson Club' Indonesia (HDCI) pada hari Senin pagi (18/10) di Mukomuko.Hebatnya, bukan hanya anggota HDCI yang hadir, namun langsung dihadiri Presiden HDCI, Irjen Pol. Teddy Minahasa Putra, SH., S.IK yang saat ini juga menjabat Kapolda Sumatera Barat (Sumbar) dan petinggi HDCI lainnya. Kedatangan rombongan HDCI yang datang dari arah Sumbar dan Bengkulu disambut Bupati Mukomuko, H. Sapuan, SE., MM., Ak., CA., CPA beserta pimpinan FKPD lain di Balai Daerah setempat.

Kesempatan ini, dimanfaatkan oleh Bupati Mukomuko dengan memaparkan secara singkat profil daerah serta potensi yang dimiliki dihadapan anggota HDCI yang berlatar belakang pejabat penting negara dan pengusaha ini.

Dalam sambutannya, Presiden HDCI mengatakan, agenda touring yang dilaksanakan Club' Motor Gede (Moge) ini bertajuk Indonesia Rally. Dan ini merupakan etape ketiga, yang mana tujuan akhirnya di Sumatera Utara.

Tujuan HDCI melaksanakan touring ini, untuk membangkitkan pariwisata di daerah-daerah yang dilewati. Termasuk Kabupaten Mukomuko. Setelah, Negara kita diterpa badai pandemi Covid-19 yang sempat membuat geliat pariwisata melempem. "Kami sudah melihat dan merasakan langsung alam Mukomuko. Potensi dan keunikan Mukomuko ini akan menjadi cerita tersendiri di kalangan pencinta motor Indonesia, khususnya di club' Harley. Mudah-mudahan dengan itu, kedepan banyak anggota HDCI dan club' motor lain yang mengunjungi Mukomuko, sehingga roda ekonomi dari sektor pariwisata Mukomuko bisa bangkit," ucap Irjen Pol. Teddy di Balai Daerah Mukomuko.

"Tujuan dari perjalan kami ini salah satunya yaitu membangkitkan kembali geliat pariwisata di Nusantara, yang sebelumnya sempat terimbas pandemi Covid-19. Kita bersyukur, kasus Covid di negara kita saat ini semakin turun," lanjutnya lagi.

 Berikan Bantuan

Kami menyadari, sambung Teddy, di berbagai daerah di Indonesia, masih banyak masyarakat yang merasakan keterpurukan secara ekonomi akibat imbas dari pandemi Covid-19 yang telah melanda setahun lebih. Untuk itulah, HDCI juga memberi bantuan kepada masyarakat yang terdampak pandemi. Dengan harapan, bisa meringankan sedikit beban.

"Komitmen kami, touring ini bukan sekadar menikmati perjalanan. Namun, HDCI juga hadir untuk masyarakat yang disinggahi secara langsung dengan memberikan bantuan. Termasuk di Mukomuko ini," demikian Irjen Pol. Teddy menyampaikan.

 Paparkan Potensi Mukomuko

Bupati Mukomuko, H. Sapuan dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada rombongan HDCI yang telah mampir ke Kabupaten Mukomuko - daerah paling Utara Provinsi Bengkulu - dan berbatasan langsung dengan Sumbar.

Pada kesempatan tersebut, Bupati memaparkan potensi yang dimiliki Mukomuko. Diantaranya, perkebunan kelapa sawit dan produksi CPO. Bupati mengatakan, ada 15 pabrik CPO yang beroperasi di daerah ini. Paling banyak se Provinsi Bengkulu.

"Ini menjadi bukti kalau Mukomuko open (terbuka) dengan investor. Produksi CPO Mukomuko terbesar di Bengkulu. Ada 15 pabrik CPO yang beroperasi di daerah ini. Sementara daerah lain paling ada 4 atau 5 pabrik saja. Ini salah satu potensi Mukomuko," sampai Bupati.

Selanjutnya, Sapuan mengatakan, Mukomuko juga memiliki potensi besar di sektor pangan. Yakni beras. Sebab, keberadaan bendungan Air Manjunto yang juga bendungan terbesar di Bengkulu mampu mengairi belasan ribu sawah.

"Hasil produksi gabah per hektar sawah di Mukomuko juga di atas rata-rata nasional. Rata-rata nasional antara 5-6 ton per hektar. Sementara Mukomuko bisa mencapai 8 ton per hektar. Itulah potensi besar yang dimiliki Mukomuko," demikian Sapuan.

Kedatangan rombongan HDCI disambut dengan tarian persembahan di halaman Balai Daerah. Sementara pembagian bantuan dari anggota HDCI diwakili oleh pemerintah desa yang diserahkan secara simbolis di tengah-tengah acara.

Usai menjamu puluhan anggota HDCI di Balai Daerah dengan menu makanan khas Mukomuko, Bupati melepas rombongan untuk melanjutkan perjalanan menuju Sumbar.

"Kami doakan semoga perjalanan dan seluruh kegiatan dapat berjalan lancar, selamat dan bisa membawa dampak positif bagi daerah yang dikunjungi. Selamat jalan, dan kami ucapkan terimakasih atas kunjungannya di Mukomuko," pungkas Bupati. (sam/prw)

Tags :
Kategori :

Terkait