Atasi Banjir, Lubuk Semantung Bangun Drainase

Senin 25-10-2021,19:51 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

radarbengkuluonline.com -  TAP – Untuk mengantisipasi musibah bencana banjir di musim hujan yang tengah melanda Kabupaten Bengkulu Utara, Pemerintah Desa Lubuk Sematung Kecamatan Tanjung Agung Palik membangun drainase di tahun 2021 ini.

Pembangunan drainase ini dilakukan pemerintah Desa Lubuk Sematung melalui Dana Desa tahap dua tahun 2021 ini sepanjang 200 meter, pembangunan dilakukan disebabkan luapan air yang kerap menyebabkan banjir di rumah warga sekitar.

Kepala Desa Lubuk Sematung yakni Syapi’ul Amin menyebutkan pembangunan sudah dalam tahap finishing, dan menyebutkan sebelum dibangun. Warga yang tinggal diseputaran drainase mengalami banjir. Khususnya menyebabkan rumah warga dan makam terendam, bahkan ternak sapi warga ikut hanyut saat air sungai meluap di wilayah kadun satu desa setempat.

“ Itu lokasinya di kadun 1, nah kalo tidak dibangun. Rumah warga, makam terendam saat air sungai meluap. Bahkan sapi warga ikut jadi korban. Jadi kita bangun untuk kepentingan bersama. Pembuanganya langsung ke sungai mas, “ ujar Syapi’ul Amin kepada radarbengkuluonline.com tadi siang.

Kepala Desa Syapi’ul Amil juga menyebutkan sebelum membangun drainase, pihak pemerintah desa telah berencana membangun lampu jalan. Namun dari mufakat dan prioritas pembangunan untuk penangulangan bencana banjir. Warga akhirnya sepakat membangun drainase yang anggaranya mencapai 100 juta rupiah.

“Kita bangun drainasenya dari hasil musyawarah dan prioritas pembangunan. Jadi in sya Allah nanti kita tetap rencanakan bangun jalan dan melihat kondisi ditahun 2022 ini mendatang. In sya Allah tetap kita lanjutkan namun melihat situasinya, “ pungkas Syapi’ul Amin. (Bri)

Tags :
Kategori :

Terkait