Talang Buai Tindaklanjuti Hasil Rapat Lintas Sektor Kecamatan

Senin 15-11-2021,19:55 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

radarbengkuluonline.com - SELAGAN RAYA - Pemerintah Desa (Pemdes) Talang Buai, Kecamatan Selagan Raya Mukomuko patut diacungi jempol. Dimana Pemdes tersebut langsung menindaklanjuti hasil rapat lintas sektor di tingkat kecamatan. Sebagai tindak lanjut, Pemdes Talang Buai terus melaksanakan kegiatan pencegahan Corona Virus disease 2019 (Covid-19) secara maraton. Dengan memaksimalkan penggunaan Dana Desa (DD) sebesar 8 persen khusus untuk pencegahan dan penanganan Covid-19 dan mensosialisasikan vaksinasi.

Penjabat Sementara (Pjs) Kades Talang Buai yang juga sebagai Ketua Tim Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Desa Talang Buai, Lukman melalui Kaur Keuangan, Harjoni mengatakan, sesuai dengan hasil rapat di Kecamatan Selagan Raya tempo hari, pihaknya dari Pemdes langsung bergerak mensosialisasikan dan mengajak warga melaksanakan vaksinasi. "Kita menindaklanjuti langsung hasil rapat lintas sektor di kecamatan. Kita mengajak warga Talang Buai untuk melakukan vaksin," kata Harjoni kepada radarbengkuluonline.com tadi siang.

Dijelaskan Harjoni, khusus untuk warga yang ditetapkan sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) diminta untuk melaksanakan vaksin. Karena syarat menerima BLT-DD saat ini KPM harus melampirkan kartu sertifikat vaksin minimal dosis 1. Kalaupun ada KPM yang tidak bisa divaksin karena sakit, yang bersangkutan tetap discrening atau diperiksa oleh Tenaga Kesehatan (Nakes). Jika hasil screning menunjukkan tidak bisa divaksin yang bersangkutan harus mendapatkan surat keterangan dari dokter yang ahli di bidangnya. "Ya, kita sosialisasikan khusus warga penerima BLT-DD harus divaksin. Sertifikat vaksin menjadi syarat menerima BLT-DD," jelas Harjoni.

Ditambahkan Harjoni, selain mensosialisasikan vaksinasi, pihaknya juga melaksanakan pencegahan. Mereka membagikan handsanitizer kepada KPM BLT-DD. Tidak hanya itu, setiap ada kegiatan yang bersifat keramaian di Desa Talang Buai, pihaknya dari Pemdes langsung turun membagikan masker, hansanitizer dan menyediakan tempat cuci tangan.

"Setiap warga yang datang ke kantor desa kita berikan masker. Kemudian pada saat ada kegiatan keramaian kita juga membagikan masker kepada warga. Mungkin kedepan kita juga membagikan masker door to door ke rumah warga yang ada di Talang Buai," ujar Harjoni.(ide)

Tags :
Kategori :

Terkait