Bupati Mian Rakor Bersama Balitbang Kemendagri

Minggu 28-11-2021,19:22 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

radarbengkuluonline.com - ARGA MAKMUR - Bupati Bengkulu Utara, Ir H Mian didampingi Asisten II Setdakab Bengkulu Utara, Kepala Bapendalitbang BU dan Staf Kasubbid Bapendalitbang Bengkulu Utara menghadiri Rapat Koordinasi bersama Badan Litbang Kemendagri. Rakor ini terkait Penandatanganan Pernyataan Komitmen Pusat Jejaring Inovasi Daerah (Puja Indah) ini dilaksanakan Jumat (26/11/2021). Acara ini juga dihadiri oleh seluruh kepala daerah, Provinsi, Kabupaten/Kota di Indonesia, melalui zoom Virtual Meeting.

Dalam kesempatan ini mendengar langsung arahan Kepala Badan Litbang Kemendagri, Dr. Drs. Agus Fatoni, M.Si. Beliau mengatakan, Pendatanganan Pernyataan Komitmen Pusat Jejaring Inovasi Daerah (Puja Indah) ini bertujuan mendorong percepatan ketertinggalan pembangunan sebuah daerah dengan melakukan percepatan pembangunannya dengan menggunakan sistem informasi berupa aplikasi, sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas serta saling integrasi secara nasional.

“Inovasi yang dilakukan oleh Kementerian Dalam Negeri dilaksanakan dengan membangun Pusat Jejaring Inovasi Daerah (Puja Indah) yang akan menjadi poros inovasi pemerintahan Kabinet Kerja Republik Indonesia berbasis kepentingan seluruh rakyat, dengan memodifikasi bersama oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, dan Pemerintah Kabupaten/Kota,”katanya.

Lebih lanjut, disampaikan Kepala Badan Litbang Kemendagri Drs. Agus Fatoni , perangkat daerah yang melaksanakan fungsi Kelitbangan dengan layanan yang tersedia pada Puja Indah akan langsung terkoneksi secara langsung pada aplikasi Puja Indah.

BACA JUGA: Bupati Mian Pimpin Upacara HGN dan HUT PGRI ke- 76 Puja Indah memiliki fitur Layanan Trantibunlinmas, yakni “Layanan Penyampaian Keluhan Masyarakat” yang berbentuk seperti Informasi Hukum Daerah, Infomasi Bencana Alam yang di Kelola Dinas/Badan, Kasatpol, dan BPBD. Selanjutnya Layanan Aspirasi” Penyampaian Masyarakat kepada Anggota DPRD dan eksekutif yang dikelola terintegrasi oleh Sekwan, Sekda dan perangkat daerah.

“Pada saat ini terdapat 13 layanan yang tersedia pada aplikasi Puja Indah. Seperti layanan fokus pada, Kesehatan, Pendidikan, Ketenagakerjaan, Kependudukan, Komoditas Aspirasi, Trantibun, Pekerjaan Umum, Administrasi Pemerintahan Sosial, Perhubungan, Pariwisata dan Layanan tematik E- ternak,”ungkapnya. (bri)

Tags :
Kategori :

Terkait