Kopi Robusta Bengkulu Terus Dipromosikan Gubernur

Senin 14-02-2022,10:10 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

radarbengkuluonline.com, BENGKULU - Gubernur Bengkulu Dr H Rohidin Minggu (13/2) kemarin, saat berada Seminar Nasional IPB tepatnya di Kota Tanjung Pinang, Provinsi Kepulauan Riau terus mempromosikan pengembangan potensi sumber pertanian dan perkebunan yang ada guna meningkatkan perekonomian daerah. Seperti potensi kopi Robusta Bengkulu yang pernah menempati posisi ketiga terbesar di Indonesia yang mampu menghasilkan 88.861 ton per tahun. Oleh sebab itu, Kopi Bengkulu dipasarkan hingga ke beberapa daerah di Indonesia hingga mancanegara lewat brand "Bencoolen Coffee." "Perluasan pemasaran dan kerjasama terus dilakukan, agar Kopi Bengkulu dikenal di beberapa daerah. Salah satunya, kerjasama dengan Pemprov DKI Jakarta dan diikuti membuka gerai di pusat perbelanjaan di Jakarta. Kemudian, kedai kopi Bengkulu pertama di Malaysia dan Kazakhstan," jelasnya.

Selain itu, Rohidin juga mengatakan, pengembangan desa wisata berbasis pertanian, yang menghadirkan beberapa potensi desa, mulai dari pertanian, peternakan, hingga hasil olahannya yang bisa dijadikan oleh-oleh. Dan tak lupa disandingkan, dengan hadirnya Warung Kopi Digital (Warkop Digital).

"Potensi Desa sangat menarik untuk dikembangkan, tentu disandingkan dengan kearifan lokal. Hal ini menarik wisatawan untuk berkunjung, menikmati suasana asri pedesaan. Tentu tidak lupa, disuguhi seduhan Kopi tradisional yang rasanya luar biasa," tambahnya. Terakhir, Gubernur Rohidin juga meminta agar program "Blusukan Online" melalui Warkop Digital terus dikembangkan di wilayah pedesaan. Hal ini diharapkan mampu mendorong perkembangan desa-desa secara berkelanjutan pada sisi digitalisasi.

"Dengan blusukan online, dapat meningkatkan akselerasi ekonomi masyarakat di pedesaan. Kemudian, masyarakat dapat berinteraksi dan memasarkan produknya secara luas," tuturnya. (Bro)

Tags :
Kategori :

Terkait