KAHMI, Pemkab, Komunitas Lingkungan Bersihkan Pasar Koto Jaya

Minggu 20-02-2022,18:05 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

Sampahnya Sangat  Meprihatinkan 

radarbengkuluonline.com, MUKOMUKO - Korp Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Mukomuko bersama pihak Pemkab Mukomuko dan komunitas lingkungan melakukan bhakti sosial membersihkan sampah di Pasar Tradisional, Kelurahan Koto Jaya, Kota Mukomuko, Sabtu (19/2).

Ketua KAHMI Mukomuko, M. Ali Saftaini, SE, jajaran pengurus serta anggota berbaur bersama komunitas lingkungan dan jajaran Pemkab Mukomuko dari Dinas Lingkungan Hidup gotong royong membersihkan sampah yang berserakan di pasar Kito Jaya itu.

Sampah-sampah yang sudah lama menumpuk di saluran-saluran air lingkungan pasar dibersihkan. Lebih kurang 4 jam, truk sampah yang diturunkan Dinas Lingkungan Hidup sudah penuh dengan sampah yang didominasi sampah plastik.

Bendahara KAHMI Mukomuko, Nopi Yanto, SH menuturkan, dalam rangka menyambut Hari Jadi ke-19, KAHMI ingin mengadakan kegiatan gotong royong bersih sampah. Kegiatan tersebut, selain aksi yang bersifat langsung, juga bermuatan mengajak atau mengkampanyekan lingkungan bersih.

Pasar Koto Jaya jadi sasaran kegiatan, selain berada di Kota Mukomuko, sampah di pasar tersebut juga memprihatinkan. "Alhamdulillah, kawan-kawan KAHMI bersama beberapa komunitas termasuk pihak TNI, pihak kelurahan berhasil membersihkan sampah satu truk yang sebelumnya berserakan di selokan-selokan pasar," ujarnya.

"Kegiatan ini tentu tidak bisa menjaga kebersihan seluruh pasar dan dalam jangka waktu yang panjang. Tapi, melalui kegiatan ini, kami mengajak seluruh masyarakat untuk peduli terhadap kebersihan lingkungan, khususnya pasar yang menjadi tempat jual beli kebutuhan pokok," sambung Nopi Yanto yang juga Waka II DPRD Mukomuko ini.

Kedepan, lanjut Nopi, KAHMI akan mendorong Pemkab Mukomuko melakukan evaluasi pengelolaan sampah di pasar-pasar tradisional yang ada di Kabupaten Mukomuko. "Tadi, Kadis LH langsung turun ikut gotong royong. Kami juga telah berbincang sedikit mengenai pengelolaan sampah pasar. Kedepan, kami akan serius membicarakan evaluasi pengelolaan sampah ini dengan pihak Pemkab," demikian Nopi.

Kadis LH Mukomuko, M. Rizon, S.Hut., M.Si mengucapkan terimakasih kepada KAHMI dan pihak lain yang terlibat dalam aksi Goro bersih sampah di Pasar Koto Jaya ini. Kata Rizon, sampah di pasar tersebut memang menjadi perhatian serius Dinas LH.

"Beberapa Minggu yang lalu, sehabis kebersihan di Pantai Abrasi, Wabup bersama Sekda sempat meninjau Pasar. Wabup menekankan sampah di Pasar Koto Jaya ini harus diurus secara serius. Kemudian hari ini ada aksi Goro dari KAHMI dan komunitas, kami mengucapkan terimakasih," sampai Rizon kepada radarbengkuluonline.com.

Pihaknya sangat mengharapkan masukan dari semua pihak mencari solusi agar sampah di semua pasar tradisional dapat diolah dengan baik. Sehingga kebersihan pasar dapat dinikmati secara terus menerus. "Kami siap menampung saran dari semua pihak, termasuk KAHMI. Apalagi pengurus KAHMI Mukomuko ini, Ketuanya merupakan Ketua DPRD juga, pengurus lain ada juga di Dewan, ada yang di pemerintahan juga. Saya yakin komunikasi kedepan akan lebih enak. Mudah-mudahan kita bisa mewujudkan pasar dan lingkungan bersih." (sam)

Tags :
Kategori :

Terkait