Melihat Kisah Sukses Desa Arga Jaya Raih Peringkat 15 Lomba Desa BRIlian

Kamis 24-02-2022,18:22 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

  3 Bulan Persiapan, Kolaborasi Desa-BRI Jadi Kunci Keberhasilan

Prestasi gemilang berhasil ditorehkan Desa Arga Jaya dan Bumdes Arga Jaya, Kecamatan Air Rami, Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu berhasil meraih peringkat ke-15 dalam lomba desa Brilian Bank BRI tahun 2021 Batch 3. Keberhasilan ini tentunya tidak didapat semudah membalikkan kedua telapak tangan. Namun penuh dengan perjuangan dan kerja keras. Berikut Kisah Inspiratifnya.

AGUSTIAN - BENGKULU

radarbengkuluonline.com - Kepala Desa (Kades) Arga Jaya, Tugiran menjelaskan, dari ribuan desa peserta se Indonesia yang mendaftar dalam lomba Desa BRIlian yang digelar oleh salah satu BUMN, Bank BRI yang bekerjasama dengan Bumdes.id ini sebelumnya telah dilakukan seleksi administrasi secara ketat.

"Setelah dilakukan seleksi administrasi panitia memilih 328 desa peserta se Indonesia," ungkapnya, Rabu (23/2).

Dijelaskan, dari 328 peserta tersebut lalu mengikuti seluruh proses rangkaian acara yang berlangsung kurang lebih selama 3 bulan. Mulai dari zoominar, kemudian pengiriman dokumen-dokumen desa serta Bumdes, pembuatan video, pembuatan inovasi desa dan lainnya.

"Atas nama pemerintah Desa Arga Jaya saya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang turut serta berpartisipasi membantu baik tenaga, pikiran dan doa atas keberhasilan ini," terangnya.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Bank BRI yang telah mengadakan acara lomba Desa BRIlian. "Terimakasih kepada Kanca BRI Mukomuko Bengkulu, Kepala unit BRI Ipuh, Mantri BRI unit Ipuh Bengkulu Pak Eko Supriyanto yang membimbing dan mengikutsertakan kami di lomba Desa Brilian BRI sehingga kami bisa menjadi salahsatu yang terbaik," ungkapnya.

Sementara itu, Bendahara Bumdes Desa Arga Jaya Damiri menjelaskan, bahwa tidak mudah untuk mengikuti proses dalam lomba Desa BRIlian, karena desa Arga Jaya harus bersaing dengan desa lain yang telah mapan dan terkenal.

"Selama tiga bulan tim kami menyiapkan seluruh data, dokumen, video dan lain-lain. Keterbukaan desa, digitalisasi, sinergitas lembaga desa, serta inovasi menjadi penilaian penting dalam lomba," ungkapnya.

Dijelaskan Damiri, Desa Arga Jaya adalah satu-satunya peserta perwakilan dari Provinsi Bengkulu yang masuk dalam 15 besar desa Brilian BRI batch ke-3 tahun 2021.

"Pengukuhan pemenangnya dilakukan secara virtual pada bulan Desember 2021," ungkapnya.

Keberhasilan Desa Arga Jaya meraih peringkat 15 lomba Desa BRIlian BRI mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak. Salahsatunya datang Camat Air Rami, Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu.

"Saya mengucapkan selamat dan sukses untuk Desa Arga Jaya. Pertahankan selalu prestasi yang sudah didapat," kata Camat Air Rami Sunandi,SP.M.SI.

Dibagian lain, ia mengimbau desa lain di kecamatan Air Rami agar dapat mencontoh Desa Arga Jaya yang sukses meraih prestasi Desa BRIlian BRI 2021 Batch ke-3.

"Saya berharap kedepan desa lain di Kecamatan Air Rami dapat meraih prestasi menjadi Desa BRIlian BRI," pintanya.

Sementara itu, Mantri BRI unit Ipuh Bengkulu Eko Supriyanto mengatakan, Desa Arga Jaya berhasil menjadi yang terbaik karena adanya kolaborasi yang baik antara aparat desa, pengurus BUMDes dan BRI

Ditambahkan, Desa BRIlian terpilih akan mendapat pendampingan khusus dari BRI bekerjasama dengan Bumdes.id selama tiga bulan. Desa ini juga akan menjadi Duta Desa BRILian untuk Program Desa BRILian berikutnya.

"Konsep Desa BRIlian merupakan kombinasi antara BUMDes, yang aktif sebagai penggerak ekonomi desa, salah satunya dalam memanfaatkan Dana Desa untuk kegiatan produktif," terangnya.

Kedua, lanjutnya, innovation, yakni desa yang kreatif dalam memecahkan masalah kemasyarakatan dan sosial desa. Serta, ketiga yakni digital, dimana digitalisasi ini terimplementasi di desa, termasuk keuangan digital dan pemanfaatan produk-produk digital BRI. Seperti Brilink, Web Pasar dan Stroberi.

"Keempat yakni sustainability, dengan desa tangguh yang mampu secara berkesinambungan meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya dengan sektor unggulan desanya," pungkasnya. (ags)

Tags :
Kategori :

Terkait