Dipuji, Kepala Balitbangham Kunjungi Lapas Perempuan Bengkulu

Rabu 02-03-2022,18:46 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

radarbengkuluonline.com,  BENGKULU - Kepala Badan Litbang Kementerian Hukum dan HAM RI, Sri Puguh Budi Utami Rabu (2/3) mengunjungi Lapas Perempuan Kelas IIB Bengkulu. Sri juga meresmikan "PAS Perlu Info," yakni berupa media Podcast terkait pengetahuan dan informasi khusus pemasyarakatan di Bengkulu.

Tampak didampingi Kepala Kemenkumham Bengkulu, Imam Jauhari, SH MH dan Kepala Divisi Pemasyarakatan Kemenkumham Bengkulu, Ika Yusanti serta seluruh Kepala UPT Pemasyarakatan. Menurut Sri, saat ini jajaran Pemasyarakatan tampak banyak perubahan, baik dari saran prasarana SDM hingga infrastruktur bangunan yang ada.

"Sebelum tahun 2018 itu, kita ketahui belum banyak Lapas maupun Rutan yang ada. Sehingga pemerintah membangun Lapas, baik itu Lapas anak dan Perempuan di setiap Provinsi se Indonesia. Saat ini banyak sekali perubahan, seperti di Bengkulu ini luar biasa sekali," ujarnya.

Sri juga menyinggung, dalam beberapa warga binaan banyak yang tersandung perkara narkoba. Ini menjadi perhatian bersama agar jajaran terus melakukan sinergitas bersama dengan instansi penegak hukum yang ada. Menurut Sri juga, pelaku yang direhab sangat sedikit sekali. Hal ini menjadi tugas jajaran pemasyarakatan untuk lebih meningkatkan kedisiplinan.

"Karena pelaku yang direhab itu sedikit, sedangkan didalam banyak pecandu dan juga ada bandar, petugas pun ada potensi kelemahan yang mau begituan, misalnya ada yang meminta titipan dari luar mungkin obat mana tahu itu narkoba, ini yang menjadi pengawasan kita bersama," tambahnya.

Sri Juga memuji kreativitas warga binaan Lapas Perempuan Bengkulu, banyak sekali potensi yang bisa diperkenalkan ke masyarakat. Selain kuliner, tata boga, sanggar tari hingga musik. Bahkan petugas yang ada pun diberikan fasilitas podcast.

"Ya, sangat postif sekali. Ini perlu diperkenalkan ke masyarakat kreativitas dari warga binaan. Seperti membuat kue, ada juga bidang tarian maupun petugas disini ada juga podcast bertujuan untuk menyebar luaskan informasi yang ada," pujinya. (Bro)

Tags :
Kategori :

Terkait