Inilah Orang-Orang Yang Terlibat dan Bolak Balik di Provinsi Bengkulu (31)

Kamis 03-03-2022,08:15 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

Gubernur Bengkulu ,Dr. drh. H. Rohidin Mersyah, M.M.A dan Wakil Gubernur Bengkulu, Dr. H. Rosjonsyah, S.I.P., M.Si  yang memimpin Provinsi Bengkulu saat ini, termasuk para pejabat di Bengkulu harusnya bersyukur dan berterima kasih dengan  tokoh-tokoh dan rakyat Bengkulu tempo dulu. Sebab, mereka sudah berjasa besar berjuang hingga berdiri dan diresmikannya Provinsi Bengkulu tanggal 18 November 1968 . Pendirian Provinsi Bengkulu itu bukan hadiah, tapi, ada proses perjuangan panjang warga dan tokoh masyarakat  Bengkulu.  Sebab, Bengkulu waktu itu adalah Residen Bengkulu yang merupakan bagian dari Provinsi Sumatera Selatan. Pemisahan diri dari Sumatera Selatan itu juga tidak mudah. Mereka banyak yang terlibat dan bolak balik untuk memperjuangkan Provinsi Bengkulu. Perjuangannya itu mirip dengan pendirian negara Republik Indonesia. Ini perlu diketahui oleh semua warga Bengkulu agar semua tahu dan menghargai perjuangannya. Dengan demikian nantinya dan bisa juga mengisi pembangunan ini bersama pemerintah. Mengapa memisahkan diri? Apa yang dihadapi? Siapa yang terlibat? Mau tahu! Gampang! Baca Laporan wartawan radarbengkuluonline.com secara sambung  menyambung setiap hari.(*)

AZMALIAR ZAROS - Kota Bengkulu

Provinsi Bengkulu Diresmikan Dirjen PUOD radarbengkuluonline.com - Setelah melalui perjuangan yang panjang dan berliku, akhirnya peresmian Provinsi Bengkulu itu terealisir juga. Peresmian yang berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI tanggal 4 November 1968 No.43 /M/1968 itu, yang ditunjuk sebagai Gubernur Bengkulu adalah M.Ali Amin SH.

Keputusan itu berlaku sejak dilakukan pelantikan tanggal 18 November 1968. Pelantikan itu dilakukan oleh Dirjen PUOD Mayjen Sunandar Priyosudarmo. Acara ini dihadiri oleh Gubernur Sumatera Selatan Asnawi Mangku Alam, Ketua DPRD GR Provinsi Sumatera Selatan, Pangdam IV Sriwijaya Brigjen Ishak Juarsa, Pangdak VI/SS dan Lampung, Kejaksaan Tinggi Sumsel dan para pejabat dalam daerah Provinsi Bengkulu.

Dirjen PUOD atas nama Mendagri dalam kesempatan itu mengatakan, mulai hari ini, berdasarkan UU No.9 tahun 1967 jo PP no.20/1968 bekas keresidenan Bengkulu diresmikan sebagai Provinsi baru dengan otonomi penuh. Ini adalah berkat perjuangan rakyat yang bahu membahu. Dengan dilantiknya M.Ali Amin SH sebagai pejabat Gubernur bertindak penuh sebagai wakil pemerintah pusat, hendaknya rakyat Bengkulu secara ikhlas membantu tugas beliau, dan selamat bertugas dan bekerja kepada Ali Amin SH.

Sementara itu Gubernur Sumatera Selatan, Asnawi Mangku Alam dalam sambutannya mengatakan, hari ini secara resmi daerah Bengkulu pisah dari Provinsi Sumatera Selatan. Pisah dalam arti kedewasaannya sebagai provinsi sendiri dengan hak-hak otonominya. Sebagai kakak tertua, Provinsi Sumatera Selatan akan tetap bersedia memberikan bantuan dan sebagainya. Dia juga mengucapkan selamat bekerja kepada Ali Amin SH.

Sedangkan Ali Amin SH sebagai pejabat Gubernur Bengkulu pada kesempatan itu mengatakan bahwa hari ini merupakan hari yang bersejarah dan mengembirakan dan menjadi kenang-kenangan yang tak kunjung padam bagi masyarakat Bengkulu. Karena, ini adalah klimak perjuangan untuk mendapatkan rumah tangga sendiri telah berbuah hasil seperti yang diidam-idamkan selama ini.

Dia juga mengatakan akan segera melengkapi susunan pemerintah daerah ini agar bisa melaksanakan tugas –tugas pemerintahan demi untuk kesejahteraan rakyat Bengkulu nantinya. (bersambung)

Tags :
Kategori :

Terkait