View Tower Sudah Rapuh, Patuhi Peringatan

Senin 07-03-2022,09:54 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

radarbengkuluonline.com, BENGKULU - Terkait polemik menara Tugu View Tower yang hangat jadi perbincangan apakah nanti akan dibongkar atau malah dipertahankan? Anggota Komisi III DPRD Provinsi Bengkulu Edwar Samsi S. Ip, MM menilai bahwa sebaiknya Pemerintah Provinsi Bengkulu segera membuat rambu peringatan dibawah Tugu View Tower, "Karena sudah banyak yang rapuh dan serpihan dari atas beberapa kali jatuh akibat terlepas diterpa angin. Maka demi keamanan bersama, sebaiknya dibuat rambu peringatan yang bertuliskan larangan atau hati hati saat berada dibawah View Tower. Karena berbahaya kalau tiba tiba ada yang lepas dan jatuh kebawah. Dan ini sudah saya sampaikan kepihak OPD terkait," ungkap Edwar Samsi, kemarin (6/3).

Sebelumnya. Politisi PDI Perjuangan Dapil Kabupaten Kepahiang ini menegaskan, dia tidak setuju kalau tugu View Tower dirobohkan. Malah menurut Edwar sebaiknya kembali dianggarkan dana untuk perawatan ataupun rehab View Tower, "Kalau saya tidak setuju kalau tugu menara View Tower dirobohkan. Karena sudah berapa banyak uang rakyat yang mengalir disana. Sudah puluhan Milyar. Dan untuk merobohkan View Tower itu gak bisa sembarangan, ada mekanisme aturannya, karena itu merupakan aset daerah," kata Edwar.

Kemudian, saran mereka dari DPRD. Lanjut Edwar, sebaiknya View Tower itu kembali direhab untuk kemudian dimanfaatkan sesuai tujuan dan fungsi awal dibangunnya tower tersebut, "Sebab itu, kenapa selama ini tidak dirawat? Tahun lalu sempat akan dianggarkan untuk penataan kawasan Lapangan Merdeka termasuk View Tower. Tapi ternyata belum jadi, sehingga ini seakan terjadi pembiaran terhadap aset daerah. Dan ini tentu bisa saja nanti berujung pidana, karena mengabaikan kepentingan yang merupakan aset daerah, " pungkas Edwar.

Sementara itu, dari Plt Kadisparekraf Provinsi Bengkulu Almi Dianto, MSC, mengaku pihaknya sudah menyampaikan usulan untuk penataan kawasan Lapangan Merdeka dimana masuk dalam perencanaan View Tower dirobohkan, sebab sudah banyak laporan yang mengatakan bahwa keberadaan View Tower saat ini cukup membahayakan, "Jadi kami sudah mempunyai dokumen kejadian-kejadian terkait runtuhan serpihan View Tower akibat diterpa angin kencang. Dan mengingat itu cukup membahayakan, maka kami mengusulkan agar View Tower ini diratakan saja. Lagian setiap tahun lokasi View Tower ini selalu digunakan untuk hajatan perayaan Tabut. Dan line peringatan dibawah View Tower juga sudah kita pasang," kata Almi Dianto. (idn)

Tags :
Kategori :

Terkait