Diusulkan, Wartawan Lulus Tes UKW Dapat Uang Tunjangan Sertifikasi Seperti Guru

Selasa 08-03-2022,21:42 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

UKW Sukses Digelar, 47 Wartawan Kompeten

radarbengkuluonline.com, BENGKULU - Kegiatan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) jenjang Muda, Madya dan Utama yang digelar oleh Dewan Pers bekerjasama dengan PWI dan IJTI sukses digelar. Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari berturut-turut yakni sejak tanggal 7 Maret hingga 8 Maret 2022 disalahsatu aula hotel di Kota Bengkulu tersebut resmi ditutup oleh Kepala Divisi Verifikasi Dewan Pers Ahmad Johar, Selasa (8/3). "Selamat kepada para wartawan peserta UKW yang dinyatakan lulus oleh penguji. Semoga semakin profesional dalam menjalankan profesinya," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Divisi Penelitian PWI Pusat Rahmat Hidayat menjelaskan, berdasarkan penilaian dari tim penguji dari PWI Pusat, dari total 51 peserta yang mengikuti tes UKW, tim penguji memutuskan ada sebanyak 47 wartawan peserta tes UKW dinyatakan kompeten atau lulus. Sedangkan sebanyak 4 peserta dinyatakan belum kompeten.

Peserta yang dinyatakan kompeten akan mendapatkan kartu UKW dan sertifikat UKW tanda lulus ujian yang dikeluarkan oleh PWI Pusat dan Dewan Pers. "Bagi peserta yang belum kompeten jangan bersedih. Tetap semangat. Silahkan mengikuti tes UKW berikutnya," terangnya.

Disisi lain, Ketua Bidang Advokasi dan Pembelaan Wartawan PWI Pusat, Ocktap Riady menjelaskan, pihaknya tengah berupaya mengusulkan agar wartawan yang dinyatakan kompeten atau lulus tes UKW agar dapat menerima uang sertifikasi seperti layaknya tunjangan sertifikasi guru. "Kita berharap Pemerintah Pusat kedepan dapat mempertimbangkan agar memberikan tunjangan sertifikasi layaknya guru. Karena profesi wartawan ada uji kompetensinya juga kayak profesi lainnya seperti guru. Jadi kita berharap tidak ada perbedaan perlakuan profesi lainnya," tegasnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Bengkulu, Dr.Dedi Wahyudi,SE terlihat hadir memantau pelaksanaan kegiatan tes UKW hari terakhir kemarin. Dedi terpantau menyapa wartawan yang tengah mengikuti tes UKW. (ags)

Tags :
Kategori :

Terkait