Polda Bengkulu Launching Electronic Traffic Law Enforcement

Jumat 25-03-2022,20:59 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

radarbengkuluonline.co, BENGKULU - Guna meningkatkan kesadaran hukum dan ketertiban berlalulintas yang tinggi bagi masyarakat Provinsi Bengkulu, Polda Bengkulu hari  Jumat (25/3) akan melaunching Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) dibeberapa titik traffic light.

Dirlantas Polda Bengkulu Kombes Pol Sumardi, S.H., melalui PLH, Kasat PJR AKBP Muhaimin, S.H., kemarin mengungkapkan, ini merupakan program dari Polri secara nasional dimasing-masing Polda dilakukan pemasangan ETLE. "ETLE merupakan perangkat untuk mendeteksi pelanggar-pelanggar lalu lintas yang melintasi dilokasi yang dipasangi ETLE," ujarnya.

Meski demikian, Kasat PJR menyampaikan ETLE ini tujuannya baik. Yakni tanpa adanya polisi masyarakat harus bisa tertib, dan bertujuan untuk mendidik terutama para pelanggar lalu lintas. "Semua pelanggar akan terdeteksi alat itu, dan kami tindak lanjuti penegakan hukumnya berdasarkan data yang terekam ETLE dan operator kami nantinya menindaklanjuti dengan pengiriman Tilang," tambahnya.

Kasat PJR menyampaikan, untuk pengaktifan sepenuhnya sistem ETLE akan dilakukan pada saat launching pada hari ini. "Kesadaran hukum masyarakat itu bukan berdasarkan polisi dan alat, tanpa ada Polri tanpa ada alat harus masyarakat sudah sadar tapi sistem ETLE membantu kedepannya," sampainya.

Ketika ditanyai mengenai titik yang dipasang ETLE, Kasat PJR saat ini sudah terpasang disatu titik yakni di Traffic light Simpang Polda dan saat launching nanti akan bertambah. "Nanti pimpinan kami yang melaunching langsung serta penambahan lokasi pemasangan ETLE," sampainya. (Bro)

Tags :
Kategori :

Terkait