Lomba Debat Bahasa Indonesia Optimalkan Peran Mahasiswa

Kamis 15-09-2022,22:37 WIB
Editor : Yar Azza

 

BENGKULU, RADARBENGKULUONLINE.COM - Lomba Debat bahasa Indonesia yang tahun ini diadakan di Unib. Selaku tuan rumah,  dengan mengambil tema optimalisasi peran mahasiswa menuju SDG'S 2030 berkemajuan, lomba ini diikuti dari seluruh Universitas di Indonesia. Dari banyaknya universitas yang ikut kini telah diseleksi menjadi 12 universitas yang melaju ke babak selanjutnya.

Itu terdiri dari Universitas Terbuka Surakarta, Universitas Sriwijaya, Universitas Negeri Semarang, Universitas Sumatra Utara,UNIB,  dan Institut Pariwisata  Bisnis Internasional  Bali.  Dari 23 univeristas yang ikut hanya 12 universitas yang lolos seleksi administrasi,  termasuk Unib.

Acara yang dibuka langsung oleh Rektor Unib,  Dr. Retno Agustina Ekaputri, SE, M.Sc itu mengatakan, ia sangat  mendukung dan apresiasi kegiatan lomba debat Bahasa Indonesia ini.

'' Debat nasional ini merupakan sesuatu yang bagus untuk para mahasiswa yang ikut.Ini juga bisa dibilang untuk mempererat silaturahmi antar universitas yang hadir disini dengan bertukar pengalaman , memberi masukan dengan melihat lingkungan sekitar,'' jelas Retno.

BACA JUGA:Sapi Mati Hilang Pantat Diduga Disantap Harimau

Kegiatan ini bertujuan untuk mendekatkan SDG'S 2030. ‘’Maka pastinya capaian-capaian SDG'S 2030  ini salah satunya  mengintalisasi oleh mahasiswa itu sendiri. Jadi, sesuatu yang mereka pelajari dan yang ada dipikiran mereka dan akan melatih program  dan materi-materi yang akan disampaikan  nantinya.'’

Retno menambahkan,  dengan kegiatan ini mahasiswa dapat menarasikan apa-apa saja   yang ada di dalam pikiran berdasarkan  segala sesuatu yang dipelajari.''Kita sangat spot penuh  kegiatan seperti  ini untuk dilakukan di lingkungan  UNIB. Kita berharap dengan kegiatan ini mahasiswa dapat menampilkan yang terbaik  dari masing - masing tim dalam upaya debat.’’

Tak lupa juga Retno berpesan agar peserta  menjunjung sportivitas , kebersamaan  dan harus menampilkan narasi sebaik-baiknya dengan cara sebaik-baiknya pula  dan supaya melihat-lihat UNIB untuk para peserta di luar Bengkulu.

BACA JUGA:Ini Dia Data dan Fakta Unik Nama-Nama Kelurahan di Kota Bengkulu (63)

 Hal senada  disampaikan oleh Dekan  Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNIB, Dr. Yunilisiah M.Si. Ia mengatakan, pada esensinya lomba debat nasional  yang diadakan  mahasiswa sosiologi ini adalah mendukung  peran-peran  mahasiswa untuk menyukseskan SDG.

Selain itu juga,  dengan debat nasional ini  kita menggali potensi  mahasiswa  berkemampuan untuk  menyampaikan  kebenaran dengan logika  yang benar.''  Dimana mahasiswa yang ikut lomba ini  berbicara sambil mereka berfikir  , maka  dengan kemampuan itu   kita bangun khususnya untuk mahasiswa seluruh Indonesia,'' pungkasnya.          

 

Kategori :