KPU Kepahiang Kembali Buka Jadwal Verfak 4 Parpol

Rabu 30-11-2022,07:14 WIB
Reporter : Ruvi
Editor : Yar Azza

 

 

 

 

KEPAHIANG, RADARBENGKULUONLINE.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepahiang, kembali membuka   pelaksanaan   verifikasi faktual (Verfak) terhadap 4 Partai Politik (Parpol) calon peserta pemilihan umum (Pemilu) 2024 yang belum memenuhi persyaratan.

4 Parpol tersebut yakni PSI, Partai Ummat, PKN dan Garuda. Dengan jumlah keanggotaan yang harus difaktualkan sebanyak   660 orang.

Ketua KPU Kepahiang, Mirzan Pranoto Hidayat S.Sos mengatakan, Verfak yang dilakukan pihaknya merupakan Verfak hasil perbaikan terhadap 4 Parpol calon peserta Pemilu di Kabupaten Kepahiang.

Hasilnya nanti akan menentukan apakah ke 4 parpol tersebut bisa menjadi peserta Pemilu atau tidak pada pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang. Yang mana   sesuai dengan syarat ketentuan, Parpol wajib untuk memenuhi syarat minimal dukungan 153 dukungan keanggotaan.

 BACA JUGA:Apindo Keberatan UMP Bengkulu Ditetapkan Naik 8,1 Persen

"Saat ini kami telah membuka verfak dan itu sedang berjalan. Hasilnya belum bisa diketahui. Karena sesuai dengan tahapan yang telah ditetapkan, Verfak akan berlangsung hingga 7 Desember mendatang dan hasilnya akan disampaikan ke KPU RI. Ini lantaran kita hanya menetapkan MS dan BMS saja," ujarnya.

Lanjutnya, dalam proses verfak yang dilakukan, pihaknya meminta kepada 4 Parpol di Kabupaten Kepahiang supaya memastikan keanggotaan Parpolnya berada di rumah ketika dikunjungi jajaran KPU Kepahiang.

Jangan sampai ketika jajaran KPU Kepahiang mengunjungi rumah anggota Parpol yang masuk dalam keanggotaan orangnya tidak berada di tempat. Karena, ini akan menyusahkan Parpol itu sendiri. Verfak masih seperti dulu. Ketika orangnya tidak berada di rumah, maka dikumpulkan di sekretariat masing - masing.

 BACA JUGA: Sekda Mukomuko Siap Digugat

"Hari ini (kemarin, red) kita bentuk 2 tim untuk melakukan Verfak dengan mendatangi seluruh rumah yang masuk dalam keanggotaan Parpol."

 

Kategori :