Kebiasaan Ini Menjadi Penyebab Tikus Sering Datang ke Rumah Kita

Sabtu 09-12-2023,00:17 WIB
Reporter : Tim redaksi
Editor : lay

RADAR BENGKULU - Tikus merupakan hewan pengerat yang sangat mengganggu. Selain bisa merusak jaringan listrik, tikus juga kerap membawa penyakit. Apalagi tanpa kita ketahui tikus melintasi piring, sendok dan makanan yang ada di dapur.

 

Cara ampuh mengusir tikus sejatinya gampang - gampang susah. Sebab meski upaya mengusir tikus hari ini membuahkan hasil, namun suatu hari tikus itu pasti kembali lagi. Beberapa masyarakat menggunakan ranjau untuk menangkap tikus,namun apakah cukup 1 ranjau saja?. 

BACA JUGA:Bioyoso Pengendali Hama Tikus yang Lagi Viral, Ini Bahan dan Cara Membuatnya

Lalu ada juga menggunakan racun untuk membunuh tikus, namun cara ini juga kadang menciptakan masalah baru yakni bangkai tikus yang membusuk akan menjadi persoalan yang merepotkan. 

 

Lalu apa penyebab Tikus Berdatangan ke dalam rumah Kita? Melansir dari berbagai sumber, ternyata salah satu sebab tikus datang ke rumah karena kelalaian kita menunda mencuci piring dan menunda membuang sampah di dapur rumah.

BACA JUGA:Bioyoso, Solusi Tepat Pengendali Hama Tikus Berbahan Alami Disosialisasikan di Kecamatan Talo

Bekas tulang ikan, tulang ayam dan bekas makanan menghasilkan bau yang menarik perhatian tikus untuk datang ke rumah kita. 

 

Jadi cobalah membiasakan diri hidup bersih, upayakan Sampah sisa makanan langsung dibuang ditempat sampah yang ada di luar rumah. Lalu piring yang sudah digunakan agar segera dicuci. Dengan demikian tidak ada hal yang menarik perhatian tikus untuk datang ke rumah kita.

BACA JUGA:Coba Cara Basmi Kutu Busuk dengan Air Garam dan Cuka, Serta Rutin Jemur Kasur

Lalu penyebab Tikus banyak di rumah juga karena kebiasaan malas membersihksn perkarangan. Karena terlalu banyak rumput liar disekitar rumah. Dari beberapa sumber menyebutkan ada jenis rumput liar yang menjadi tempat favorit para tikus. Selain itu, jenis tanaman ini agar tidak ditanam disekitar rumah.

 

Tanaman disukai tikus antara lain wortel, bunga matahari, umbi-umbian dan bluberry. Untuk mengetahui jenis tanaman apa yang tidak disukai tikus, coba baca di artikel selanjutnya dengan judul tanaman yang dibenci tikus 

Kategori :