6 Manfaat Hebat Jika Meminum Kopi di Pagi Hari, Ini Alasan dan Penjelasannya

Rabu 10-07-2024,00:24 WIB
Reporter : Naura Qristina
Editor : syariah muhammadin

RADAR BENGKULU - Kopi merupakan salah satu minuman yang populer di Indonesia, terutama dikalangan anak muda dan orang tua. 

Tak sedikit orang yang memulai harinya dengan meminum kopi, karena manfaat kopi setiap pagi mampu memberikan rasa hangat dan nyaman yang dapat membangunkanmu dan membuat kamu merasa siap untuk menjalani hari. 

Namun, selain meminum kopi untuk membuat perasaan lebih menyenangkan, ternyata ada beberapa manfaat yang bagus juga. 

Dilansir pada Zen Live Magazine, berikut 6 manfaat jika meminum kopi di pagi hari. 

1. Kopi mampu meningkatkan tingkat energi

Ketika memulai hari dengan meminum kopi, kamu akan merasa enak dan tidak terlalu lelah, karena kopi sendiri mampu meningkatkan kadar energi. 

Hal ini dikarenakan kandungan kafein di dalamnya yang merupakan zat psikoaktif. Setelah meminum kopi, kafein akan diserap ke dalam aliran darah dan kemudian mengalir ke otak. 

Kafein kemudian memblokir neurotransmitter adenosin yang biasanya bersifat menghambat dan menyebabkan peningkatan neurotransmitter lain seperti dopamin dan norepinefrin. 

Sehingga ini dapat meningkatkan aktivasi neuron dan menyebabkan peningkatan daya ingat, suasana hati, waktu reaksi, dan fungsi otak lainnya.

 

2. Kopi bisa Mengurangi kemungkinanmu terkena demensia atau penyakit Alzheimer

Penyakit neurodegeneratif yang paling umum adalah penyakit Alzheimer. Alzheimer merupakan penyakit ini merupakan penyebab utama seseorang terkena demensia. 

Kondisi ini umum terjadi pada orang yang berusia di atas 65 tahun dan belum ada obatnya. Namun, kamu dapat mencegah Alzheimer dengan makan dengan benar dan berolahraga secara teratur. 

 

Minum kopi setiap pagi juga sangat efektif dalam mencegah kondisi tersebut, bahkan mampu menurunkan risiko hingga 65%.

Kategori :