BI Provinsi Bengkulu Optimis Pengguna Qris di Provinsi Bengkulu Akan Terus Bertambah

Minggu 25-08-2024,21:29 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RADAR BENGKULU - Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bengkulu, Darjana sebut bahwa perkembangan sistem pembayaran non-tunai Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) terus meningkat setiap tahunnya di Provinsi Bengkulu. 

BI Provinsi Bengkulu menyampaikan rasa optimisnya bahwa pengguna Qris di Provinsi Bengkulu akan terus bertambah seiring perkembangan dunia digital.

Hal tersebut seiring dengan upaya perluasan ekosistem ekonomi dan keuangan digital di Provinsi Bengkulu yang dilakukan antara lain melalui kegiatan literasi, edukasi dan koordinasi. 

Dengan pemahaman teknologi di kalangan masyarakat yang mulai meningkat disertai adanya pembayaran non tunai yang semakin luas menyebabkan meningkatnya kesadaran masyarakat atas kemudahan menggunakan QRIS.

BACA JUGA:Tidak Merepotkan, Bapenda Bengkulu Selatan Luncurkan QRIS Untuk Sistem Pembayaran

BACA JUGA:Bank Indonesia Catat Ada 224.930 Pengguna QRIS di Provinsi Bengkulu dan Akan Terus Mengalami Peningkatan

Di sisi lain perkembangan transaksi SKNBI di Bengkulu mengalami penurunan sebagai dampak dari peningkatan preferensi masyarakat dalam menggunakan BI-Fast untuk melakukan transfer antar bank.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bengkulu, Darjana memaparkan bahwa jumlah pengguna QRIS terus mengalami peningkatan tiap bulannya. 

"Pada Juli 2024, terdapat 237.224 pengguna QRIS di Bengkulu atau tumbuh sebesar 38.92% (yoy)." jelas Kepala KPwBI Provinsi Bengkulu, Darjana, pada Jumat, 23 Agustus 2024.

 

Darjana menambahkan bahwa meningkatnya tren tersebut dipengaruhi oleh upaya KPwBI Provinsi Bengkulu yang secara konsisten terus melakukan

koordinasi dengan PJP dalam rangka perluasan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat, terutama segmen

generasi muda atau pelajar, serta penguatan penetrasi pada ASN.

 

"Tren tersebut juga didorong oleh implementasi berbagai program perluasan ekosistem keuangan digital oleh

Kategori :