Apakah Sayuran yang Digoreng Bisa Menjadi Berbahaya bagi Kesehatan? Ini Penjelasan Dr. Tirta

Rabu 09-10-2024,19:51 WIB
Reporter : Naura Qristina
Editor : syariah muhammadin

RADAR BENGKULU - Dalam sebuah video, Dr. Tirta menjawab pertanyaan populer dari netizen mengenai apakah sayuran yang digoreng bisa menjadi berbahaya bagi kesehatan. 

Dr. Tirta menjelaskan bahwa meskipun tidak ada salahnya menikmati sayuran yang digoreng seperti kol atau terong, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait dampak kesehatan dari cara memasak ini.

Menurut Dr. Tirta, sayur yang digoreng, terutama jika dimasak terlalu lama atau menggunakan minyak yang dipakai berulang kali, dapat mengurangi angka nutrisi yang terkandung dalam sayuran tersebut. 

BACA JUGA: Ini Bahaya Minum Teh Manis Setelah Makan

BACA JUGA:5 Makanan dan Sayuran Teratas untuk Mempercantik Kulit dan Mencegah Kulit Berminyak

"Ketika sayur digoreng terlalu lama, nutrisinya jelas berkurang, apalagi jika sampai hangus," ujarnya.

Lebih lanjut, Dr. Tirta menjelaskan bahwa sayur yang digoreng berulang kali dengan minyak yang sudah digunakan berkali-kali dapat meningkatkan kadar lemak jenuh dan potensi LDL (kolesterol jahat) dalam tubuh. 

BACA JUGA:3 Buah dan Sayur Terbaik Untuk Membantu Menurunkan Kolesterol Menurut Dokter Jantung

BACA JUGA:Deretan Buah dan Sayur yang Lezat untuk Diolah Menjadi Jus

BACA JUGA:Viral! Pedagang Sayur Buncis Ini Hilangkan Rasa Kantuk Dengan Cara yang Kocak

Hal ini disebabkan oleh sifat gorengan yang cenderung meningkatkan kadar lemak jahat, tidak peduli apakah bahan utamanya adalah sayuran.

Dr. Tirta menekankan bahwa tidak masalah menikmati sayur yang digoreng sesekali, namun sebaiknya jangan menganggap bahwa sayuran yang digoreng masih sama sehatnya seperti sayur biasa. 

"Sayur yang digoreng terlalu sering, sifatnya jadi seperti gorengan biasa," jelasnya.

Sebagai penutup, Dr. Tirta mengingatkan agar tetap bijak dalam mengonsumsi makanan yang digoreng, termasuk sayuran, demi menjaga kesehatan jangka panjang.

Kategori :