Kurang Gizi Ketika Hamil Bisa Berdampak Pada Tumbuh Kembang Anak, Bahkan Bisa Keguguran

Jumat 11-10-2024,21:51 WIB
Reporter : Adam
Editor : syariah m

Tak hanya berisiko untuk melahirkan bayi dengan berat badan rendah, kurang gizi saat hamil juga bisa menyebabkan cacat lahir pada bayi. Hal ini dikaitkan dengan kurangnya asupan asam folat selama kehamilan yang bisa meningkatkan risiko terjadinya cacat tabung saraf atau spina bifida.

 

4. Mengalami keguguran

Keguguran juga rentan untuk dialami oleh ibu hamil yang kekurangan gizi. Hal ini dikaitkan dengan kurangnya asupan asam folat, vitamin, dan mineral lainnya selama kehamilan yang menyebabkan pertumbuhan janin terhambat dan akhirnya mengakibatkan keguguran.

BACA JUGA:Manfaat Wanita Hamil Mempelajari 6 Teknik Pernapasan Demi Persalinan yang Aman

BACA JUGA:9 Manfaat Hebat Mengonsumsi Buah Naga Selama Kehamilan, Menurut Ahlinya

5. Memiliki anak dengan daya ingat rendah

Sebuah penelitian menemukan bahwa ibu hamil yang kekurangan gizi lebih berisiko untuk memiliki anak dengan kemampuan mengingat yang rendah.

Hal ini diduga terjadi karena gangguan pada perkembangan otak janin saat dalam kandungan akibat kurangnya zat-zat gizi tertentu.

Nah, selain 5 hal tersebut, kurang gizi saat hamil juga dikaitkan dengan gangguan pertumbuhan dan mental pada anak. Anak yang lahir dari ibu yang kekurangan gizi bahkan diklaim lebih rentan menderita penyakit kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah).

Oleh sebab itu, dampak dari kekurangan gizi saat hamil tidak bisa dianggap remeh. Makanya, selama hamil, Bumil perlu memperhatikan makanan yang dikonsumsi dan kandungan nutrisinya.

Jika Bumil mengalami morning sickness yang parah atau kondisi medis tertentu yang bisa menyebabkan kekurangan nutrisi, sebaiknya konsultasikan masalah tersebut dengan dokter.

Kategori :