Kurang Gizi Ketika Hamil Bisa Berdampak Pada Tumbuh Kembang Anak, Bahkan Bisa Keguguran

Kurang Gizi Ketika Hamil Bisa Berdampak Pada Tumbuh Kembang Anak, Bahkan Bisa Keguguran

Memperhatikan kebutuhan dan memenuhi gizi ketika lagi hamil sangat penting, karena jika kurang gizi ketika hamil bisa berdampak buruk hingga keguguran-poto chanel youtube dunia bunda-

radarbengkuluonline.id - Memperhatikan kebutuhan dan memenuhi gizi ketika lagi hamil sangat penting, karena jika kurang gizi ketika hamil bisa berdampak buruk, salah satunya bisa memicu terjadinya keguguran.

Kurang gizi saat hamil bisa terjadi kalau asupan nutrisi harian Bumil tidak terpenuhi dengan baik.

Kondisi ini tentu tidak boleh dianggap remeh, karena ada beragam dampak buruk dari kekurangan gizi selama kehamilan.

Kurang gizi selama kehamilan bisa terjadi karena beragam hal, mulai dari pola makan yang buruk, morning sickness yang parah, nafsu makan yang terus menurun, kebiasaan pilih-pilih makanan, hingga adanya penyakit tertentu. Tanda kurang gizi saat hamil antara lain berat badan tidak naik atau justru malah turun, dan mudah sakit.

Selama hamil, pasti orang-orang sekitar mewanti-wanti Bumil untuk menjaga pola makan dan mengonsumsi makanan bergizi, kan ? Ya, faktanya hal tersebut memang perlu dilakukan agar kebutuhan nutrisi selama hamil terpenuhi.

BACA JUGA:Meditasi dan Relaksasi Bermanfaat untuk Ibu Hamil, Bisa Menjaga Kesehatan Mental dan Fisik Bumil

BACA JUGA:5 Manfaat Squat untuk Wanita Hamil dan Pelajari Tips Aman Melakukan Squat Bagi Ibu Hamil

Jika tidak, kesehatan Bumil dan janin dalam kandungan bisa terganggu. Dilansir dari laman alodokter.com, berikut ini adalah beragam dampak kurang gizi saat hamil:

1. Menderita anemia

Kurang gizi saat hamil bisa menyebabkan Bumil menderita anemia, terutama jika Bumil kurang mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi. Jadi, agar Bumil tak mengalaminya, konsumsilah makanan yang kaya akan zat besi, seperti sayuran hijau, daging ayam, kacang-kacangan, dan daging merah tanpa lemak.

 

2. Melahirkan bayi dengan berat rendah

Kurang gizi saat hamil juga bisa menyebabkan Bumil melahirkan bayi dengan berat badan yang rendah. Bahkan, risiko untuk melahirkan bayi secara prematur juga bisa meningkat kalau Bumil menderita kekurangan gizi selama kehamilan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: