Komunitas Saribanun Gelar Tradisi Makan Bajamba untuk Pererat Silaturahmi dan Melestarikan Budaya Minangkabau

Sabtu 12-10-2024,14:34 WIB
Reporter : Naura qristina
Editor : Syariah muhammadin

 

 

radarbengkuluonline.id – Dalam rangka melestarikan budaya Minangkabau serta mempererat silaturahmi antaranggota, Komunitas Saribanun Bengkulu yang dipimpin oleh Hj. Asnasari, S.Pd menggelar acara adat Makan Bajamba, pada Sabtu, 12 Oktober 2024.

 

Tradisi ini diselenggarakan di salah satu rumah anggota komunitas dan dihadiri oleh Bundo Kanduang dari berbagai kabupaten/kota di Sumatera Barat. 

Komunitas Saribanun sendiri merupakan wadah yang anggotanya terdiri dari perempuan-perempuan Minangkabau yang menjaga nilai-nilai adat dan budaya leluhur.

Awalnya, komunitas ini terbentuk sebagai kelompok paduan suara yang hanya berfokus pada kegiatan seni untuk menjalin persahabatan dan persaudaraan antaranggota. 

Namun, seiring waktu, Saribanun berkembang menjadi komunitas yang lebih besar dengan misi menjaga dan melestarikan warisan budaya Minangkabau, khususnya nilai-nilai yang dipegang teguh oleh Bundo Kanduang. 

Komunitas ini kini dikenal sebagai bagian dari Bundo Kanduang ala Minangkabau, yang memiliki peran penting dalam menjaga keharmonisan adat dan kehidupan sosial di lingkungan masyarakat.

 

Pada acara yang digelar tersebut, prosesi adat Banjujung Jamba dan Makan Bajamba menjadi inti dari perayaan. 

 

Banjujung Jamba adalah tradisi penyajian makanan dalam nampan besar yang dibawa secara bersama-sama oleh perempuan dalam pakaian adat, sedangkan Makan Bajamba merupakan tradisi makan bersama dengan duduk melingkar, di mana semua anggota menikmati hidangan yang sama sebagai simbol kebersamaan dan kesetaraan.

Kategori :