Tukar Guling Lahan, Mantan Bupati, Ketua DPRD dan Sekda Seluma Ditetapkan Tersangka

Senin 14-10-2024,20:12 WIB
Reporter : wawan
Editor : Azmaliar Zaros

radarbengkuluonline.id, Seluma -  Setelah melalui proses yang panjang,  Kejari Seluma pada Senin, 14 Oktober 2024 menetapkan 4 tersangka atas penyidikan kasus tukar guling lahan seluas 19 hektar lahan Pemkab Seluma tahun 2008.

Dalam penyidikan kasus tersebut diduga, lahan milik Pemkab Seluma seluas 19 hektar di Kelurahan Sembayat ditukar dengan lahan milik Murman Effendi di kawasan Pematang Aur dengan luas lebih kurang 19 hektar.

BACA JUGA:Segera, KPU Seluma Cetak 161.276 Surat Suara

BACA JUGA:Ikut Prihatin, Tim Krisis Dinas Kesehatan Seluma Pantau dan Beri Bantuan Obat ke Korban Banjir

 

Saat itu Murman menjabat sebagai Bupati Seluma. Empat tersangka yang ditetapkan oleh Kejari dalam penyidikan kasus tukar guling, yakni Mantan Bupati Seluma Murman Effendi SE, Mantan Sekda Seluma H.Mulkan Tajudin, dan mantan Ketua DPRD Seluma Hj.Rosnaini Abidin S.Sos, serta mantan Kepala BPN Seluma tahun 2008 Djasran Harahap.

Kejari Seluma Eka Nugraha SH.MH mengatakan, penyidikan terhadap kasus tukar guling dilakukan sejak 4 Maret 2024,  dengan Surat Perintah Penyidikan Kepala Kejaksaan Negeri Seluma Nomor: Print-186/L.7.15/Fd.2/03/2024.

BACA JUGA:Dinas Kesehatan Seluma Bakal Luncurkan 19 Ambulance Roda Dua

BACA JUGA: Selesaikan Pelantikan Presiden, Konfercab PC Nahdlatul Ulama Seluma Diundur

 

"Hari ini kita tetapkan 4 tersangka dalam kasus tukar guling. Namun untuk saat ini hanya 3 orang yang kita lakukan penahanan. Sedangkan untuk tersangka atas nama Rosnaini Abidin mantan ketua DPRD Seluma masih  menjalani hukuman tindak pidana lain, " sampai Kejari Seluma, Eka Nugraha SH. MH kepada kalangan jurnalis, Senin (15/10).

Dari hasil audit Kantor Jasa Penilai Publik KJPP atas kasus tukar guling lahan Pemkab Seluma mengalami kerugian mencapai Rp 19,5 miliar rupiah.

BACA JUGA: Pemda Dukung Program Bangga Kencana , Wujudkan Keluarga Seluma Berkualitas

BACA JUGA:Panitia Sudah Dibentuk, PCNU Seluma Bakal Gelar Konfercab

 

Kategori :