Total Dana Alokasi Khusus di PUPR Mukomuko Tahun 2025

Selasa 15-10-2024,09:46 WIB
Reporter : Seno AM
Editor : Syariah muhammadin

Dijelaskannya, anggaran DAK sebesar Rp 80 mikir pada tahun 2025 itu untuk dua bidang yaitu, bidang jalan (Bina Marga) dan bidang cipta karya.  

Adapun DAK bidang jalan, terdiri dari satu jalan layanan dasar, dan kedua jalan tematik kawasan produksi pangan nasional (KPPN).

Dirincikannya, Untuk bidang layanan dasar, Dinas PUPR mendapat alokasi sebesar Rp 29 miliar. Kemudian untuk tematik KPPN mendapatkan Rp 22 miliar. 

"Jadi total DAK jalan tahun 2025 mendatang itu sebesar Rp 51 miliar. Naik cukup signifikan dibandingkan tahun 2024 ini," sebut Apriansyah. 

Kemudian untuk bidang cipta karya, juga ada dua kegiatan.

Yaitu, satu untuk sistem pengelolaan air minum (SPAM) pedesaan terdiri dari beberapa desa dengan nilai sebesar Rp 6,3 miliar. 

Lalu kemudian sanitasi itu senilai Rp 13,6 miliar.

Adapun pembangunan sanitasi ini terdiri dari pembangunan saluran pembuangan air tinja (SPAT) dan saluran pembuangan air limbah (SPAL) rumah tangga. 

Ditambahkannya, terkait beberapa rencana pembangunan tahun 2025 yang bersumber dari DAM ini, pihaknya akan segera melakukan verifikasi di Bengkulu.

Baik dengan pihak BPJN khusus yang bidang jalan, kemudian dengan pihak Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) untuk bidang cilta karya. 

"Mudah-mudahan semua usulan kita tidak berubah secara lokasi. Namun kalau untuk anggaran ini sudah baku atau final. Sedangkan untuk lokus atau titik pembangunan, akan kami informasikan setelah verifikasi selesai," demikian Kadis PUPR. 

Kategori :