Orang-orang Yang Tidak Boleh Dilupakan Jasa Mereka

Jumat 25-10-2024,06:04 WIB
Reporter : Adam
Editor : Azmaliar Zaros

 

Namun, mengenang jasa para pahlawan tidak cukup hanya berbentuk mengheningkan cipta dan doa. Tetapi lebih dari itu yakni melanjutkan cita-cita mereka.  

Para pahlawan mencita-citakan kesejahteraan bagi anak bangsa, hidup merdeka,  adil dan makmur.  Karena itu mari melanjutkan cita-cita para pahlawan. Jangan sampai  mengkhianati mereka dengan prilaku-prilaku yang tidak baik. Seperti korupsi, bermalas-malasan, konflik dan lain-lain. Karena, hal tersebut  bertentangan dengan cita-cita para pahlawan. 

7. Setiap Orang Yang Berjasa 

Kesuksesan seseorang  tidak terlepas dari peran orang lain. Karena itu jangan melupakan jasa setiap orang yang telah berbuat baik  kepada kita, siapapun mereka. Rasululaah SAW bersabda: Man La Yaskurunnasa, La Yasykurullah. Artinya; "Siapa yang tidak pandai bersyukur (berterima kasih) kepada manusia, berarti ia belum bersyukur kepada Allah." ( HR.At-Tirmidzi, No: 1877).  

            

Bagi yang sudah sukses mendapatkan jabatan atau amanah kepemimpinan,  tentunya jangan melupakan jasa-jasa orang lain. Yakni, rakyat yang telah mengangkatnya dengan mewujudkan kemaslahatan umum, mengantarkan  rakyat bahagia dunia dan akhirat.   

Ma’syiral Muslimin Rahimakumullah,

Demikian khutbah Jumat kali ini  semoga bermanfaat. Dengan Kesimpulan;  “lā tansawul-faḍla bainakum (Janganlah melupakan kebaikan (jasa) diantara kamu.  Selamat mengenang, memperingati, dan melanjutkan cita-cita para pahlawan. 

Fa’taabiru ya ulil Abshar La’allaakum turhamun. 

 

Kategori :