Permintaan Daging Beku Menurun

Permintaan Daging Beku Menurun

RBO >>  BENGKULU >>  Permintaan daging kerbau beku impor asal India dari masyarakat di Bengkulu, sejak sebulan belakangan ini menurun dari biasanya. Selama ini setiap 10 hari Bulog Bengkulu berhasil menjual daging beku sebanyak 14 ton.

      "Sebulan ini permintaan daging beku di Bengkulu sedikit menurun dari biasanya. Namun, kita tetap menyetok daging beku puluhan ton per bulan," kata Kepala Bulog Bengkulu, Dedi Sabetra saat diwawancarai radarbengkuluonline.com Kamis  (13/09) siang.

      Ia mengatakan, meski permintaan daging beku impor dari masyarakat di Bengkulu sedikit menurun dari biasanya, tapi Bulog setempat merasa senang karena kebutuhan dan konsumsi daging masyarakat setempat berarti sudah terpenuhi dengan baik.

      "Biasanya stok yang kita siapkan sebanyak 14 ton dalam 10 hari habis terjual. Tapi sekarang dari stok yang disiapkan hanya terjual 10 ton atau tersisa 6 ton lagi," ujarnya.

      Dedi menduga sepinya permintaan daging beku impor di Bengkulu, karena stok daging segar di pasar mencukupi. Selan itu, harganya stabil. Berkisar Rp 100.000/kg, sehingga masyarakat memilih membeli daging segar. Sebab, selisih harga daging beku dengan daging segar di Bengkulu hanya Rp 20.000/kg. Harga daging beku di Bengkulu dijual Bulog setempat sebesar Rp 80.000/kg Selain itu, turunnya permintaan daging beku di Bengkulu juga disebabkan pasokan daging segar ke sejumlah pasar di daerah ini berjalan normal, sehingga stoknya di pasar melimpah dan harganya stabil.

      Meski permintaan daging beku di Bengkulu, turun pihaknya tetap menyiapkan stok barang tersebut, sesuai kebutuhan. Sebab, tujuan dari Bulog menyediakan daging beku untuk mengantisipasi kenaikan harga daging segar di daerah ini secara berlebihan.

      "Kita tetap menyiapkan stok daging kerbau beku impor sesuai kebutuhan, sehingga harga jika harga daging melonjak masyarakat Bengkulu masih ada pilihan dalam mendapatkan daging dengan harga terjangkau," ujarnya.

      Arman (38), salah seorang pedagang daging di Pasar Panorama, Kota Bengkulu mengatakan, saat ini stok daging di Bengkulu cukup melimpah. Karena pasokan dari pedagang besar berjalan lancar.

      Sementara permintaan daging sapi segar di masyarakat Bengkulu, belakangan sedikit menurun dari biasanya, sehingga harga daging segar di daerah ini stabil dikisaran Rp 100.000/kg.

      "Sekarang harga daging segar di Bengkulu stabil. Yaitu Rp 100.000/kg karena stoknya di pedagang melimpah dan permintaan berkurang. Ini terjadi karena pasokan dari pedagang besar ke pasar berlangsung normal," pungkasnya.(Bro)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: