Dongkrak Perekonomian, IRT Dilatih Ekonomi Kreatif

Dongkrak Perekonomian, IRT Dilatih Ekonomi Kreatif

Trisna Anggraini : Manfaatkan Potensi Yang Dimiliki Daerah

RBO, BENGKULU - Dalam menumbuhkan jiwa dan semangat untuk berwirausaha ditengah-tengah masyarakat, sejumlah Ibu Rumah Tangga (IRT) diberikan pelatihan berbagai macam bentuk ekonomi kreatif. Langkah ini bertujuan untuk mendongkrak perekonomian, sehingga masyarakat khususnya di Provinsi Bengkulu kesejahteraannya mengalami peningkatan.

"Kegiatan pelatihan ini dipelopori Forum Komunikasi Wilayah (Forkomwil) Puspa Bengkulu, yang merupakan gabungan dari organisasi-organisasi wanita yang ada di Bengkulu. Seperti IWAPI, PKBI, MUI, dan sejumlah organisasi lainnya," ungkap Ketua DPD IWAPI Provinsi Bengkulu, Trisna Anggraini, S.Ip, MM saat diwawancarai disela-sela pelatihan pembuatan telur rasa asin, pedas, dan bawang yang dipusatkan di Kantor Kelurahan Penurunan, kemarin (3/11).

Menurutnya, dengan pelatihan ekonomi kreatif ini diharapkan dapat menumbuhkan jiwa dan semangat untuk berwirausaha, terutama bagi para IRT. "Sehingga nantinya para IRT dapat membantu dalam mendongkrak ekonomi, setidak-tidaknya bagi keluarga. Ekonomi kreatif yang diarahkan, tentu saja dengan memanfaatkan potensi-potensi yang dimiliki daerah," kata Trisna.

Adapun, lanjut Trisna, seperti telur, jeruk kalamansi, dan beberapa potensi lainnya. Meskipun demikian pihaknya tetap berharap kerjasama dan dukungan pihak lainnya. "Contohnya saja telur yang berbahan dasar telur bebek. Sama-sama kita ketahui Bank Indonesia (BI) Perwakilan Bengkulu memiliki binaan UKM yang memelihara bebek petelur, jadi bisa disoundingkan. Sehingga IRT pelaku ekonomi kreatif tidak kesulitan dalam mencari bahan baku," ujarnya.

Selain itu, sambung Trisna, pelatihan ekonomi kreatif dalam rangka menumbuhkan wirausaha ditengah-tengah masyarakat akan dilakukan secara berkesinambungan. "Untuk tahap awal ini 30 IRT. Nantinya 30 IRT lagi. Sehingga nantinya apa yang kita targetkan melalui pembinaan ini benar-benar tercapai, dalam rangka mendongkrak ekonomi masyarakat," tutupnya. (idn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: