Barlian Sang Senator Hijau

Barlian Sang Senator Hijau

RBO, BENGKULU - Mendengar Nama Barlian, mungkin sebagian dari kita bertanya-tanya, Perhiasan kah atau nama orang kah. Apalagi membaca judul tulisan ini "Barlian Sang Senator Hijau" tentulah rasa penasaran kita semakin menjadi-jadi. Barikut akan kami jelaskan kepada para pembaca agar tidak penasaran untuk mengetahui siapa itu Barlian Sang Senator Hijau.

Menjawab sejumlah pertanyaan yang mungkin saja mengemuka ketika para pembaca, membaca judul tulisan ini, kami akan jelaskan secara tuntas mengenai siapa itu Barlian Sang Senator Hijau.

Barlian atau yang biasa di panggil Yan, Lahir di Mukomuko, 7 November 1971. Dia merupakan anak bungsu dari pasangan (alm) H. M Awal Saleh dan Sungguh. Ayah nya berasal dari Kota Bintuhan, Kabupaten Kaur, sedangkan ibu nya adalah putri Desa Sungai Ipuh, Kabupaten Mukomuko.

Menjadi bungsu dalam keluarga, tidak membuat Barlian tumbuh menjadi sosok yang manja. Didikan ayahnya yang seorang veteran membentuk kepribadiannya yang tegas dan tidak mengenal lelah. Barlian menikahi Dahlia, putri asli Mukomuko pada 1993. Mereka dikaruniai tiga orang putri bernama, Silvia Lia Utari, Wines Krismone dan Novelia Sagita.

Sejak menikah Barlian terlibat aktif di banyak organisasi, seperti Karang Taruna pada tahun 1993, Persatuan Olahraga Sungai Ipuh Sekitar (PORSIS) pada tahun 2000, dan pernah menjadi anggota BPD Sungai Ipuh pada tahun 2003 dan Ketua BPD Sungai Ipuh (2003-2008).

Selain itu Barlian juga banyak terlibat aktif dalam berbagai pengornisasian bersama masyarakat, diantaranya Pendiri dan Ketua Generasi Sungai Ipuh Sekitar (Gengesis) sejak 2004, Lalu Refresentatif Aliansi Masyarakat Adat Bengkulu (AMA Bengkulu) Mukomuko (2004-2007), lalu menjadi Koordinator Komunitas Hijau Rakyat Bengkulu (KHRB) Mukomuko (2005), tidak berhenti disitu, beliau juga menjadi Koordinator Aliansi Konservasi Alam Raya (AKAR) sejak 2010. Lalu pada 2012-2017 menjabat sebagai Dewan Daerah WALHI Bengkulu.

Atas dorongan para aktivis lingkungan dan kalangan permerhati sosial serta dorongan para sahabatnya Barlian (Yan) menjadi salah seorang kandidat Senator Hijau Bengkulu yang siap memperjuangkan Bengkulu di tingkat nasional. "Alhamdulillah berkat dorongan sahabat dan handai toaulan saya berhasil menjadi salah seorang kandidat Senator Hijau Bengkulu pada musim Politik (2019-2024) dan siap untuk berkarya untuk Bengkulu dari Senayan, melalui jalur Dewan Perwakilan Daerah (DPD)," ujar Barlian beberapa waktu lalu.

Ketertarikan Barlian untuk memperjuangkan rakyat Bengkulu melalui jalur parlemen karena serinnya melihat realitas lapangan, dimana masyarakat selalu menjadi obyek yang ditindas oleh korporasi. Sejak itulah tekad untuk memperjuangkan hak-hak warga yang tertindas semakin menggebu. "Sejak muda saya aktif berorganisasi, sejak itu pula saya terus melihat adanya penindasan dan kesewenang-wenangan dan saat itu pula saya bertekad harus adanya perlawanan warga terhadap kesewenang-wenangan ini," ujar dia yang baru pulang dari KAUR minta restu sanak saudara untuk menuju senayan.

Hasil dari pendampingan kebeberapa Kabupaten membuat tekad dan perjuangan semakin membara. "Saya mengemban amanat Politik Hijau yang berkelanjutan dan kearifan ekologis dalam bingkai ke Bhinekaan, demokrasi, dan berkeadilan sosial," ujar dia.

Oleh karenanya saya berkesimpulan perjuangan politik hijau yang selama ini berlangsung di parlemen jalanan harus bertransformasi menjadi perjuangan politik hijau yang riil melalui senayan. "Perjuangan bersama warga merupakan modal utama menghapus semua keraguan untuk maju dalam kotetasi politik di Senayan menjadi senator hijau," singkat dia. (hcr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: