Warga Berharap Penerbangan Bengkulu-MM Berlanjut

Warga Berharap Penerbangan Bengkulu-MM Berlanjut

Inzani: Masyarakat Butuh Transportasi Cepat 
RBO, BENGKULU – Anggota dewan Provinsi Bengkulu dari Dapil Kabupaten Mukomuko Drs Inzani Muhammad menyesalkan terhentinya penerbangan Bengkulu-Mukomuko. Padahal transportasi udara yang lebih cepat dibanding jalur darat sangat dibutuhkan.
“Transportasi ini sangat berhubungan erat dengan masyarakat. Apalagi kalau masyarakat ini ingin berhubungan cepat antar daerah, Mukomuko-Bengkulu. Seharusnya pesawat yang selama ini disediakan, kenapa kok bisa tidak beroperasi lagi, sebab itu pihak dinas perhubungan dengan pemerintah daerah setempat bersama pihak maskapai agar bisa aktif kembali melayani kebutuhan masyarakat untuk transportasi udara ini,” ungkap Inzani Muhammad saat dihubungi, Selasa (22/1).
Dalam hal ini, dia selaku anggota Fraksi PAN DPRD Provinsi Bengkulu yang juga merupakan perwakilan masyarakat Kabupaten Mukomuko belum mengetahui kenapa sampai penerbangan Bengkulu-Mukomuko tidak jalan lagi.
“Kalau alasan mereka tidak melakukan penerbangan karena soal cuaca. Saya rasa saat ini kondisi cuaca kita cukup bagus untuk Bengkulu-Mukomuko, jadi saya rasa bukan soal cuaca,” ujarnya.
Sementara itu, dari anggota dewan Provinsi Bengkulu Dapil Kabupaten Mukomuko lainnya, Ir Muharamin menambahkan, memang setelah dilakukan launching, pihak Wings selaku maskapai penerbangan Bengkulu-Mukomuko bisa aktif melakukan jadwal penerbangan. Bahkan pada bulan ketiga dan keempat masih berjalan dengan normal. Tapi pihak maskapai penerbangan ini, biasanya mereka itu orientasinya bisnis oriented.
“Jadi pihak maskapai itu ada hitung-hitungannya. Pertama memang karena ada kenaikan biaya operasional meskipun pada bulan ketiga, keempat dan kelima kemarin untuk penumpang penerbangan Bengkulu-Mukomuko ataupun sebaliknya udah cukup bagus. Dari 70 bangku penumpang, itu bisa sampai 50 orang sekali angkut, artinya dengan 50 penumpang itu sudah lebih diatas pasaran untuk sebuah pesawat Wings, bahkan kalau dibandingkan penumpang Bengkulu-Padang mungkin lebih banyak penumpang Bengkulu-Mukomuko artinya secara bisnis oriented penerbangan Bengkulu-Mukomuko sudah memenuhi standar,” tambah politisi Demokrat tersebut.
Akan tetapi, memang untuk penerbangan Bengkulu-Mukomuko saat ini, sedang stop. Dan sekarang pihak pemda Kabupaten Mukomuko bersama Maskapai sedang melakukan evaluasi,
“Kemarin dari pihak DPRD Kabupaten Mukomuko beserta  Bupati sudah menyurati pihak Maskapai. Insya Allah mereka sedang melakukan evaluasi, dan dalam waktu dekat insya Allah penerbangan akan dilanjutkan lagi. Dan kami berharap pihak Pemda Provinsi, Gubernur dapat membantu untuk kebutuhan sarana transportasi udara Bengkulu-Mukomuko dengan cara melakukan lobi-lobi ke pihak maskapai ataupun kepihak kementerian perhubungan udara, karena itu subsidi,” harap Muharamin. (idn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: