Desa Pal 30 Lais Prioritas Bangun  Sumur Bor, Jalan Rabat  Beton

Desa Pal 30 Lais Prioritas Bangun  Sumur Bor, Jalan Rabat  Beton

RBO >>  ARGA MAKMUR >>  Desa Pal 30, Kecamatan Lais, Bengkulu Utara ( BU) di bawah kepemimpinan kadesnya Budiman terus menggeliat menata wajah desa mereka dengan pembangunan infrastruktur desa serta sarana dan prasarana di desa ini dari realisasi APBDes yang ada maupun dari sumber APBD BU, Provinsi, bahkan APBN.

      Menurut Kades Pal 30, saat ditemui RADAR BENGKULU di ruang kerjanya kemarin, realisasi APBDes tahun 2018 lalu telah dirampungkan dengan tepat waktu, tepat manfaat, tepat aturan dengan pola padat karya tunai, ( PKT ).

      Begitu pula kegiatan peningkatan kapasitas lewat pendidikan, pelatihan, penyuluhan serta pemberdayaan masyarakat desa dan jalannya roda pemerintahan dengan mengutamakan pelayanan prima dan tata kelola administrasi pemdes secara transparan dan akuntabel.

      Dipaparkan Kades Budiman, saat ini desanya memiliki penduduk sebanyak 2,185 jiwa, dan 547 Kepala Keluarga (KK). Untuk realisasi rencana pembangunan tahun ini, berangkat dari dokumen RKP yang ada, pemdes masih memprioritaskan pembangunan sarana dan prasarana dan infastruktur yang masih sangat dibutuhkan masyarakat setempat.

      Adapun yang menjadi prioritas untuk dibangun tahun 2019 ini, yaitu Rabat Beton dusun I dua titik dengan Panjang: 50 Meter, Lebar  2 Meter, dan titik yang kedua Panjang  100 Meter, dan Lebar 120 Meter,  dusun II Panjang 40 Meter, dan Lebar 2 Meter,  Dusun III 2 titik dengan Panjang 25 Meter dan Lebar 3 Meter dan titik kedua dengan Panjang 50 Meter dan  Lebar 2 Meter,

dusun IV dengan Panjang 68 Meter, dan Lebar 2,5 Meter, Pelat Deker 2 unit dusun III, Sumur bor 4 paket dusun I sampai IV, drainase 2 titik dusun II dan IV volume 200 Meter, Pagar keliling Posyandu dusun III Panjang 104 Meter. Sedangkan pembangunan tahun 2018 lalu, yaitu Gedung Posyandu dusun III, Sumur Bor 1 unit dusun III, drainase Panjang 50 Meter dusun IV, Buka Badan Jalan 5 Meter plus Pengoralan Panjang 800 Meter dan Lebar 3 Meter, dusun I sampai dusun IV, Plat Deker 4 titik 1,5 Meter dusun I, dan 2 Meter dusun IV, 1 Meter dusun II, dan 1 Meter terletak di dusun III, Parkir Motor kantor desa/ auning desa lebar 6x 3 meter persegi/rehab Kantor Desa ADD Perubahan, Rabat Beton dusun IV Panjang 160 Meter Lebar 2 Meter.

      Sedangkan untuk pemberdayaan tak terpisahkan dari pembangunan di Desa Pal 30, Kecamatan Lais ini, pemberdayaan lembaga masyarakat, kewirausahaan serta pemberdayaan lainnya.

      ‘’Harapan pemerintah desa untuk masyarakat desa Tanjung Karet agar warganya dapat menikmati dan menggunakan sarana dan prasana dengan sebaik - baiknya dan juga Pemdes Pal 30 meminta kerja samanya kepada masyarakat untuk menjaga dan merawat infrastruktur yang sudah disediakan  oleh pemerintah Desa Tanjung Karet, " ujar  Budiman.(bri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: