Jadi Irup Hari Otonomi Daerah, Bupati Berpesan Tingkatkan SDM

Jadi Irup Hari Otonomi Daerah, Bupati Berpesan Tingkatkan SDM

RBO, BENTENG - Pemkab Benteng menggelar upacara memperingati Hari Otonomi Daerah ke-XXIII di Lapangan depan Kantor Bupati Benteng, Kamis (25/4).

Kegiatan itu bertema 'meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia yang lebih baik melalui penyelenggaraan otonomi daerah yang kreatif dan inovatif'.

Bupati Benteng Dr.H.Ferry Ramli,SH,MH selaku inspektur upacara (irup-red) menyampaikan bahwa otonomi daerah telah memberikan solusi untuk mendorong kemajuan pembangunan daerah.

Di mana daerah serta masyarakat di dorong dan diberi kesempatan yang luas mengembangkan kreativitas dan inovasinya.

"Muara dari pelaksanaan otonomi daerah adalah terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan dan partisipasi aktif," teragnya.

Masyarakat serta daerah diharapkan mampu meningkatkan daya saing dengan memperhatikan prinsip demokrasi, pemerataan, keadilan, keistimewaan, kekhususan serta potensi keanekaragaman daerah.

Ditambahkan, dalam penyelenggaraan otonomi daerah tidak dapat menganggap masyarakat semata-mata sebagai konsumen pelayanan publik.

Tapi dituntut adanya kemampuan untuk memperlakukan masyarakat sebagai citizen termasuk bagaimana meningkatkan kualitas sumber daya manusianya.

Untuk itu semua aparatur sipil negara di Benteng harus memberikan kualitas pelayanan publik yang lebih baik sebagai wujud pelaksanaan reformasi birokrasi.

Dengan demikian, lanjutnya, Pemda harus dapat beradaptasi dengan kepentingan masyarakat. "Masyarakat saat ini semakin menyadari akan hak dan kewajibannya sebagai warga negara dalam mendapatkan pelayanan," tutupnya. (ags)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: