Dinsos Mukomuko Temukan Warga Mampu Terima Dana Bansos

Dinsos Mukomuko Temukan Warga Mampu Terima Dana Bansos

RBO  >>  MUKOMUKO  >>   Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Mukomuko menyatakan, ada warga mampu di daerah ini yang masih menjadi keluarga penerima manfaat (KPM) bantuan sosial (Bansos) dari pemerintah. Seperti bantuan beras sejahtera (Rastra) dan Program Keluarga Harapan (PKH).

Dinsos menemukan warga mampu masih menerima Bansos ini saat melakukan verifikasi data penerima Bansos. Sebagaimana disampaikan Kabid Pemberdayaan Fakir dan Miskin Dinsos Mukomuko, Rabiadi, SE, kemarin. "Setelah kita verifikasi ternyata masih ada warga mampu yang menerima Bansos. Jumlahnya masih kita hitung. Dari data awal, baru terselesaikan sekitar 90 persen," kata Rabiadi.

Katanya, verifikasi ini melibatkan operator dan pemerintah desa dan kecamatan yang lebih memahami kondisi sosial ekonomi masyarakat di wilayahnya.

"Insya Allah data dari operator dan pemerintah desa dan kecamatan ini valid. Mereka tahu kondisi warganya. Kami juga minta warga calon pengganti jika ditemukan ada warga mampu masih menerima Bansos," ujarnya.

Menurut Rabiadi, ditemukannya warga mampu menerima Bansos ini bukan dikarenakan kesalahan input. Data yang dipakai saat ini merupakan data lama terkait jumlah keluarga miskin di Kabupaten Mukomuko.

"Mungkin, orang yang ditemukan sudah mampu tapi masih menerima Bansos ini dulunya memang warga kurang mampu. Tapi saat ini sudah ada perbaikan ekonomi. Jadilah mereka tidak layak lagi menerima Bansos. Nanti kita ganti dengan warga kurang mampu yang lebih layak menerima," bebernya. (sam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: