PDAM Kepahiang Ditawarkan ke Pihak Ketiga

PDAM Kepahiang Ditawarkan ke Pihak Ketiga

RBO  >>   KEPAHIANG  >>  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang berencana menawarkan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Alami akan dikelola pihak ketiga. Menurut Bupati Kepahiang, Dr. Ir. Hidayattullah Sjahid, MM, IPU sekarang ada namanya kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

“Sekarang prinsip kita belum mencari keuntungan untuk daerah. Yang penting air lancar dan mengalir,”ungkapnya usai menyampaikan jawaban dan tanggapan terhadap pemandangan umum fraksi-fraksi terhadap Raperda Pertanggungjawaban APBD tahun 2018 paripurna di DPRD Kepahiang Kamis,(27/6).

Sebelum dipihakketigakan PDAM tersebut, lanjut Hidayat, sesuai dengan saran yang diberikan DPRD, kalau pemerintah kembali memberikan suntikan dana, sekarang kondisi manajemen PDAM tersebut sudah sangat parah. “Harapan kami kedepan PDAM tersebut akan dikelola pihak ketiga, dan ada pihak yang investasi di PDAM untuk beberapa tahun barulah dialihkan kembali ke Pemerintah daerah,”ungkapnya.

Dijelaskan, sebelumnya aset PDAM tersebut sudah pernah diaudit. Tetapi kalau memang harus diaudit lagi tidak ada masalah. Mungkin untuk kepentingan investor itu sendiri untuk mengetahui kondisi PDAM itu seperti apa. “Kalau ada yang mau investasi, silakan diaudit kembali. Tidak ada masalah. Mungkin untuk mengetahui seperti apa asset, jaringan yang ada, sumber air dan alat sarana dan prasarana yang ada,”jelasnya.

Sambungnya, untuk masalah piutang pelanggan ada airnya tidak mengalir mereka tidak mau membayar. Kalau airnya mengalir dan lancar dan bersih pelanggan pasti akan bayar sesuai dengan ketentuan. “Yang jelas solusi untuk PDAM ini harus diserahkan ke pihak ketiga untuk investasi. Kalau memberikan suntikan dana uangnya juga sudah tidak ada lagi,”imbuhnya.(ide)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: