Banmus Bahas Jadwal Pilwagub

Banmus Bahas Jadwal Pilwagub

RBO, BENGKULU – Kendati masih belum disampaikan ke DPRD oleh Gubernur Bengkulu Dr H. Rohidin Mersyah untuk usulan dua nama Cawagub, namun dari pembahasan rapat Badan Musyawarah (Banmus) DPRD untuk Pilwagub sudah masuk dalam materi yang mereka bahas, namun belum dijadwalkan. “Dari hasil rapat kita Banmus tadi, khusus untuk yang ditunggu-tunggu masyarakat Bengkulu itu, kapan Pilwagub itu dilaksanakan? Kalau menurut Tatib untuk menjadwalkan Pilwagub tersebut, tetap menunggu surat resmi dari Gubernur masuk DPRD, baru bisa dijadwalkan pemilihannya,” ungkap anggota Banmus DPRD Provinsi Bengkulu Agung Gatam SE, M.Si, Selasa (16/7).

Dijelaskan oleh politisi PDI Perjuangan itu, dari rapat Banmus tadi, sudah masuk dalam materi untuk Pilwagub. “Materi sudah dimasukkan. Tapi kapan jadwalnya? Itu menunggu pak Gubernur. Pak Gubernur juga sesuai undang-undang, punya waktu 15 hari untuk menyampaikan usulan dua nama tersebut ke DPRD setelah Parpol pengusung menyampaikan padanya,” jelasnya.

Kemudian selanjutnya, kata politisi PDIP yang juga anggota Komisi III DPRD Provinsi Bengkulu ini, di tatib disebutkan panitia pemilihan Wakil Gubernur ketika nanti dibentuk oleh pimpinan DPRD, panitia pemilihan inilah yang akan menyusun jadwal Pilwagub tersebut. “Panitia pemilihan yang akan mengusulkan jadwal pemilihan Wagub ke Banmus. Nah, kami belum bisa membentuk panitia pemilihan sepanjang usulan dua nama Cawagub belum masuk ke DPRD. Panitia pemilihan ini nanti cukup dari SK pimpinan DPRD dengan masa berlaku panitia 30 hari. Panitia pemilihan ini bukan pansus,” tegas Agung.

Adapun untuk jadwal kegiatan terdekat DPRD sesuai dengan hasil rapat perubahan jadwal kegiatan pada masa persidangan kedua tahun 2019 ini, besok (Hari ini-red) akan dilaksanakan paripurna ke 6. “Dengan agenda penyampaian nota penjelasan Gubernur atas Raperda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Provinsi Bengkulu tahun anggaran 2018,” pungkas Agung. (idn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: