Gubernur Rohidin: Jadikan Momentum Idul Adha Dalam Kepedulian Bersama

Gubernur Rohidin: Jadikan Momentum  Idul Adha Dalam Kepedulian Bersama

RBO  >>>   BENGKULU  >>>   Dalam momentum hari raya Idul Adha ditahun ini, Gubernur Bengkulu, Dr Rohidin Mersyah mengikuti salat bersama di Masjid Baitul Izzah Kelurahan Padang Harapan Kota Bengkulu kemarin. Selain itu juga diikuti bersama keluarga serta jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan umat muslim, pada Minggu (11/8) pagi kemarin.

      Dari pelaksanaan Salat Idul Adha 1440 Hijriah, dengan Imam H. Mawardi Lubis yang merupakan Imam Masjid Raya dan juga dosen di IAIN Bengkulu. Sedangkan untuk khatib, H. Syaifullah yang merupakan Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Provinsi Bengkulu.

Dalam moment Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah ini, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengajak semua umat muslim yang ada di Bengkulu, agar dapat meneladani Nabi Ibrahim AS. Karena, nabi itu telah mengajarkan tentang keteguhan tekad yang dilandasi oleh akidah yang kuat. Begitu juga dengan Nabi Ismail AS mengajarkan tentang makna keikhlasan. Sedangkan Siti Hajar mengajarkan tentang ikhtiar dan kerja keras.

Oleh karena itu, momentum 10 Zulhijjah 1440 Hijriah ini, mari bersama-sama meningkatkan kepedulian dan taqwa, dengan perkuat spirit pengorbanan dan kerja keras dalam keikhlasan untuk Bengkulu yang berkemajuan. “Nilai-nilai dalam ajaran yang diterapkan Nabi Ibrahim, Nabi Ismail dan Siti Hajar agar dapat dicontoh dalam kehidupan kita sehari-hari dengan meningkatkan kepedulian dan semangat rela berkorban serta etos kerja bersama mewujudkan untuk Bengkulu berkemajuan,” imbuh Gubernur Rohidin.

      Senada dengan itu, Ketua PHBI yang juga Kepala Kanwil Kemenag Provinsi, H. Bustasar dalam laporannya menyampaikan, jumlah hewan kurban se Provinsi Bengkulu tahun ini berjumlah 7.410 ekor. Ini terdiri dari 131 ekor kerbau, 4.235 ekor sapi, 3.044 ekor kambing dan 28 ekor domba. “Jumlah hewan kurban tersebut tersebar di seluruh wilayah kabupaten dan kota se Provinsi Bengkulu. Adapun yang terbanyak di Kota Bengkulu. Daging itu akan diberikan, di samping kepada para fakir dan miskin, juga kepada masyarakat di sekitar tempat kurban. Lalu khusus jajaran Kemenag Provinsi juga akan memotong hewan kurban pada esok hari, berjumlah 19 ekor,” jelasnya.

      Sementara usai melaksanakan salat, Gubernur, menggelar open house bertempat di Gedung Balai Raya Semarak Bengkulu. Dari pelaksanaan open house tersebut, Gubernur Rohidin bersama keluarga menerima rombongan Forkopimda, Kepala Organisasi Perangkat Daerah-OPD, instansi vertikal dan masyarakat Bengkulu. Selain itu, untuk hewan kurban bantuan presiden jenis sapi dengan berat 1 ton lebih, kali ini tidak dilakukan pemotongannya di Masjid Raya Baitul Izzah. Melainkan di Masjid Jamik, Manna Bengkulu Selatan.

“Dipilihnya Bengkulu Selatan untuk tempat pemotongan hewan kurban bantuan Presiden Jokowi itu, semata-mata pemerataan. Karena setiap tahunnya akan digilir seluruh wilayah kabupaten dan kota dalam Provinsi Bengkulu menerima bantuan hewan kurban dari Presiden Republik Indonesia ini,” pungkas Kepala Biro Pemerintahan dan Kesra Sekda Provinsi Bengkulu, Edie Hartawan. (Bro)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: