Peredaran Narkoba Masih Tinggi

Peredaran Narkoba Masih Tinggi

RBO, BENGKULU - Polda Bengkulu dari tanggal 15 hingga 28 Agustus lalu menggelar Operasi Antik Nala. Operasi tersebut menjaring para penyalahgunaan narkoba yang ada di Provinsi Bengkulu. Ditahun ini sudah ada 51 tersangka yang berhasil diringkus oleh jajaran Polda Bengkulu. Dari hasil tersebut diketahui peredaran narkoba di daerah Provinsi Bengkulu masih tinggi. Bahkan dari penangkapan itu merupakan pihak pengendar. Bahkan bandar serta pemakai dari jenis golongan narkoba.

Dari data yang ada keseluruhan ungkapan kasus, Polres Bengkulu menangani kasus dengan tersangka terbanyak berjumlah 14 orang. Diikuti Polda Bengkulu 8 tersangka. Polres Rejang Lebong 11 tersangka, Polres Bengkulu Utara 2 tersangka, Polres Mukomuko 4 tersangka, Polres Kepahiang 3 tersangka, Polres Lebong 3 tersangka, Polres Bengkuku Selatan 2 tersangka, Polres Seluma 3 tersangka dan Polres Kaur dengan 2 tersangka.

Mengenai hal ini, Kapolda Bengkulu Brigjen Pol Drs Supratman MH melalui Kabid Humas Polda Bengkulu, AKBP Sudarno mengatakan kemarin Senin (02/09) operasi mencolok, dimana pihaknya berhasil mengamankan 2 orang yang memiliki ladang ganja di Kabupaten Rejang Lebong. Termasuk juga pengedar sebanyak 43 orang dan sebagai pemakai 6 orang.

“Ya., tindakan pelaku penyalahgunaan narkoba ini tergolong masih tinggi angkanya. Walaupun barang buktinya hanya 39,01 gram sabu, 140 gram ganja dan setengah butir ekstasi, tetapi penyebarannya masih merata di masyarakat. Ada juga beberapa sisa dari operasi ini masih kita TO (target operasi) dan masih dalam pengejaran,” terangnya.

Ia pun menambahkan, jika pelaku dari jumlah perkara ini merupakan usia produktif berkisar dari 18 hingga 25 tahun yang masih remaja. Menurut Sudarno, bahkan operasi narkoba ini dijadikan ladang mencari uang untuk menghidupi keseharian mereka.

Dirinya pun mengimbau agar orang tua dikalangan masyarakat lebih memperhatikan anak anak. Dikarenakan, peredaran narkoba saat ini pun sudah menyeluruh ke elemen masyarakat, agar tidak terjebak nantinya. "Saat ini peredaran narkoba semakin meningkat. Kita perlu waspada. Selain kami menindak, seyogyanya masyarakat pun memperhatikan lingkungan, menjaga dari barang ini," imbuhnya. (Bro)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: