Bintunan Lakukan Rembuk Stunting

Bintunan Lakukan Rembuk Stunting

RBO, ARGA MAKMUR - Pemdes dan BPD Desa Bintunan, Kecamatan Batik Nau melaksanakan rembuk stunting dalam rangka percepatan, pencegahan dan penanganan stunting di kantor Desa setempat, Kamis (03/10) Kemarin.

Pantauan jurnalis acara rembuk dibuka langsung oleh Camat Sabani, SH berjalan lancar dan sukses.

Rembuk Stunting ini juga dihadiri Kades Bintunan, Amiril Mukminin, BPD, Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa, Perangkat Desa, Bidan Desa, Kader KPM dan Perwakilan Masyarakat.

Stunting adalah kondisi gagal tumbuh kembang pada anak balita, akibat kekurangan gizi kronis terutama pada 1000 hari pertama kehidupan. Secara fisik, kondisi stunting dapat dilihat dari pertumbuhan tinggi badan per umur yang tidak sesuai dengan standar pertumbuhan yang sesunggunya.

Akibat terburuknya adalah perkembangan dan pertumbuhan otak anak, sehingga kecerdasan anak tidak maksimal yang tentu saja akan menimbulkan masalah secara sosial yang bisa memengaruhi masa depan serta produktivitas anak tersebut, hal ini disampaikan Kades Amiril Mukminin.

Kepada jurnalis, Kades Amiril Mukminin mengatakan rembuk ini dilaksanakan untuk menambah pengetahuan, wawasan warga desanya. "Rembuk stunting ini dilaksanakan, untuk menambah pengetahuan khususnya warga Sadei Bintunan. Semoga dengan diadakan rembuk ini manfaatnya dapat kita rasakan bersama dikemudian hari," harapnya.

Camat Sabani, SH juga mengatakan rembuk stunting ini dilaksanakan di setiap desa untuk pencegahan dan penanganan stunting. "Rembuk Stunting ini dilaksanakan di setiap desa, Alhamdulillah di Kecamatan Batik Nau sudah menggelar rembuk stunting, hanya tinggal beberapa desa lagi yang belum. Saya harap dengan adanya kegiatan ini, untuk kedepannya tidak ada lagi stunting didalam Kecamatan Batik Nau," Ungkap Sabani. (bri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: