Wisata Air Terjun Desa Talang Buai Sungguh Mempesona

Wisata Air Terjun Desa Talang Buai Sungguh Mempesona

Pjs Kades: Kita Tarik Perhatian Pemkab

RBO, MUKOMUKO - Kawasan Desa Talang Buai, Kecamatan Selagan Raya, Kabupaten Mukomuko memiliki potensi wisata alam nan indah mempesona. Keindahannya tidak kalah dengan wisata yang ada di desa-desa lain yang ada di Provinsi Bengkulu ini. Saat ini warga Desa Talang Buai, mulai sadar akan ketinggalannya dan mulai berbenah dengan menggarap potensi wisata yang ada di desa tersebut. Salah satunya, menggarap wisata Air Terjun Sungai Enau yang selama ini belum banyak dikenal para wisatawan.

Desa Talang Buai yang terletak di ujung wilayah Kabupaten Mukomuko tepatnya di perbatasan TNKS ini memiliki banyak potensi wisata yang belum banyak diketahui pecinta wisata alam. Dimana kawasan Desa tersebut dikenal dengan daerah perbukitan, persawahan, sungai, air terjun yang dikelilingi kebun sawit ini, perlahan mulai digarap warga setempat. Langkah awal yang dilakukan diawali dengan gontong royong dengan melibatkan seluruh lapisan masyarakat Desa Talang Buai.

Dengan semangat berswadaya saling bahu-membahu warga membangun akses jalan, membangun pondok, dan membersihkan lingkungan kawasan air terjun tersebut. Kendati, akses jalan menuju wisata air terjun ini rada sedikit menantang seperti adventur.     Namun warga setempat optimis dengan menargetkan wisata air terjun ini dikunjungi 500 pasang mata wisatawan setiap bulannya. Dengan harapan wisata air terjun bak tempat pemandian tujuh bidadari ini dikenal tingkat dilokal, nasional hingga macanegara.

Menurut Pjs Kepala Desa Talang Buai, Lukman saat dikonfirmasi melalui telepon seluler mengatakan, saat ini ia tengah merangkul dan mengajak seluruh elemen masyarakat Desa Talang Buai untuk bekerja sama saling bahu membahu membangun destinasi wisata air terjun tersebut. Ini salah satu upaya untuk menarik perhatian Pemkab Mukomuko terhadap potensi wisata alam yang dimiliki Desa Talang Buai.

“Yang menjadi kendala bagi pengunjung wisata hanya satu. Yaitu, masalah infratruktur. Saya berharap, setelah air terjun ini dibenah menjadi indah dan cantik nanti, ada perhatian dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko untuk melirik dan memperbaiki infrastruktur jalan dan jembatan menuju Desa Talang Buai dan air terjun nan indah ini,”ungkap Lukman.

Sambungnya, bersama dengan masyarakat, tahap demi tahap wisata air terjun ini terus dipercantik. Untuk tahap awal Pemerintah Desa sudah melaksanakan gontong royong membersihkan dan membangun pondok, dan tempat duduk di kawasan air terjun tersebut. “Kita membenah wisata air terjun ini tidak mengucurkan menggunakan Dana Desa (DD). Karena DD diperuntukkan pembangunan yang lebih urgen. Untuk mempercantik air terjun itu cukup dengan swadaya,"ucapnya.

Di kawasan air terjun itu lanjut Lukman, pohon yang besar sudah banyak yang ditebang. Jadi, untuk jangka panjang kawasan tersebut perlu penghijauan kembali. Tentu perlu dana bantuan dari berbagai pihak. “Rencananya kita minta bantuan kepada PT Sipef untuk penghijauan kembali kawasan air terjun itu. Acara penghijauan (Tanam pohon) dikemas secara seremonial dengan mengundang Bupati, Polres, Dinas Pariwisata, dan instansi vertikal lainnya. Intinya sekarang kita fokus mempercantik wisata air terjun itu terlebih dahulu, nanti kalau sudah banyak pengunjung ada langkah strategis masalah pengelolaannya yang akan kita bentuk bersama tokoh masyarakat,”demikian Lukman.

Untuk diketahui, jika masyarakat Provinsi Bengkulu yang mau menghabiskan akhir pekan dengan memanjakan mata dengan pesona keindahan dan kesejukan jangan lupa mengunjungi wisata Air Terjun yang terletak di Desa Talang Buai, Kecamatan Selagan Raya ini. Dengan jarak tempuh untuk menuju ke air terjun ini hanya sekitar kurang lebih 1 jam dari pusat Kota Kabupaten Mukomuko, dengan mengendarai kendaraan roda dua mau pun roda empat.(ide)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: