Mari Kunjungi, Rafflesia Arnoldi Mekar Lagi

Mari Kunjungi, Rafflesia Arnoldi Mekar Lagi

RBO, BENTENG - Sekuntum bunga Rafflesia Amekar sempurna di dalam kawasan hutan Cagar Alam Taba Penanjung Kabupaten Bengkulu Tengah. "Sudah mekar beberapa hari yang lalu, pengunjung bisa menikmati keunikan bunga itu sampai 4-5 hari ke depan," Kata Ibnu Rafflesia penjaga bunga Rafflesia.

Diterangkan dia, bunga tersebut dijaga sekelompok warga desa terdekat di kawasan hutan itu. Penjagaan tersebut penting, sebab bunga langka itu sering dirusak oleh tangan –tangan jahil. "Jaraknya tidak terlalu jauh dari jalan raya, makanya perlu penjagaan," jelasnya.

Di hutan Cagar Alam Taba Penanjung sering ditemukan rafflesia mekar, sebab merupakan habitat asli. Selain di hutan Cagar Alam Taba Penanjung, di Hutan Lindung Bukit Daun yang berdampingan langsung dengan kawsan hutan itu juga sering ditemukan rafflesia mekar.

"Sebagian besar hutan Bengkulu merupakan habitat rafflesia, tapi di dua lokasi ini paling sering ditemukan mekar," terangnya.

Ditambahkan, untuk menemukan lokasi tersebut tidak sulit sebab masyarakat sudah memasang spanduk informasi bunga mekar di pinggir jalan raya.

"Ayo ke Bengkulu Tengah, saksikan keindahan dan kesegaran bunga hanya mampu bertahan 4-5 hari ke depan," tutupnya. (ags)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: