Hujan Deras, Belasan Hektare Sawah Tergenang Air

Hujan Deras, Belasan Hektare Sawah Tergenang Air

RBO, BENTENG - Sawah seluas belasan hektare terendam akibat hujan deras selama beberapa hari di Desa Taba Terunjam, Kecamatan Talang Empat, kemarin (3/3).

Berdasarkan pantauan RBI, luas sawah belasan hektare berubah menjadi seperti danau, akibat volume air yang tak kunjung henti selama beberapa hari di wilayah setempat.

Luapan air tersebut diduga akibat saluran sekunder sangat kecil dan banyaknya sampah, membuat air itu tersumbat. Ditambah lokasi sawah yang dekat dengan sungai. Akibatnya terjadi luapan air hingga menggenangi persawahan setinggi paha orang dewasa.

Salah seorang pemilik sawah, Subran (40) mengatakan, sawahnya itu yang baru ditanami padi sekitar 10 hari. Lalu tergenang air akibat hujan dengan itensitas tinggi sejak beberapa hari terakhir.

"Apabila air tersebut tidak diatasi segera dan terus diguyur hujan akan mengakibatkan padi mati, karena usia tanam baru sekitar 10 hari," katanya.

Lanjutnya, kata dia bukan hanya sawah Dia yang tergenang air, melainkan banyak sawah di sekitarnya dan diperkirakan sekitar belasan hektare yang terdampak genangan air. "Mungkin sekitar belasan hektare itu yang tergenang," tutupnya. (ags)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: