Disnaskertrans BU Buka Program Latihan Kerja, Jika Berminat, Bisa Dikirim Ke Jepang

Disnaskertrans BU Buka Program Latihan Kerja, Jika Berminat, Bisa Dikirim Ke Jepang

RBO, ARGA MAKMUR - Dalam upaya mewujudkan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) dan membuka peluang pekerjaan di Kabupaten Bengkulu Utara, Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Dinaskertrans) BU melalui Balai Latihan Kerja (BLK)  Gunung Besar kembali membuka Program Latihan Kerja gelombang pertama di tahun 2020.

Menariknya, pelatihan yang dibuka langsung Bupati BU, Ir. H. Mian ini akan di ikuti oleh 304 peserta yang mayoritas di ikuti peserta yang masih berusia produktif di usia 20 tahun yang berasal dari 19 Kecamatan yang berada di Kabupaten Bengkulu Utara.

Dalam mendukung pelatihan kerja ini, Bupati Mian memastikan akan kembali membangun Gedung Pelatihan dan dibuka gratis untuk masyarakat tersebut pada tahun 2021 mendatang. Bahkan Mian juga berencana akan menganggarkan pembuatan rumah kaca sehingga pihak Balai Latihan di tahun berikutnya dapat membuka Lelatihan Kerja khusus untuk para petani. "Tahun 2021 kita pastikan kembali membangun Gedung Pelatihan dan dibuka gratis untuk masyarakat, dan menganggarkan pembuatan rumah kaca, sehingga balai latihan di tahun berikutnya dapat membuka latihan kerja khusus untuk para petani," kata Mian.

Dalam upaya menurunkan angka pengangguran dan meningkat peluang kebutuhan ketenagakerjaan di Bengkulu Utara, Kadis Ketenagakerjaan dan Transmigrasi BU, Fahrudin menyebutkan sebanyak 16 dari Lapas kelas II B Arga Makmur juga telah diikut sertakan dalam pelatihan kerja ini dengan pelatihan khusus meubel  di dalam Lapas. "Pelatihan ini dilakukan dalam upaya menurunkan angka pengangguran dan meningkat peluang kebutuhan ketenagakerjaan di Bengkulu Utara ini, sebanyak 16 dari Lapas kelas II B Argamakmur juga telah di ikut sertakan dalam pelatihan kerja ini dengan pelatihan khusus meubel  di dalam Lapas," Jelas Kepala Dinaskertrans BU, Fahrudin.

Pelatihan yang bersumber dari Dana Kementerian Ketenagakerjaan dilaksanakan selama 22 hari  tersebut  gratis, bahkan para peserta akan mendapatkan Sertifikat Pelatihan Kerja dari BLK dan diprioritaskan untuk mengikuti magang ke Jepang jika berminat. (bri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: