Pemkab RL dan Kodim 0409/RL Turun Sosialisasi Cegah Covid-19

Pemkab RL dan Kodim 0409/RL Turun Sosialisasi Cegah Covid-19

RBO, REJANG LEBONG - Jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong (RL) bersama Kodim 0409/RL turun langsung ke pasar mensosialisasikan pencegahan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Aksi peduli tim gabungan tersebut menyusuri kawasan pasar dan tempat umum yang dijadikan lokasi kerumunan orang banyak yang ada diwilayah Rejang Lebong.

Sosialisasi ini dilakukan lantaran masih banyak masyarakat yang belum mengetahui cara mencegah penyebaran dan penularan virus yang mematikan tersebut. Sebab, semua kalangan usia bisa terjangkit Virus Corona ini, terutama yang daya tahan tubuhnya rendah. Untuk mencegah agar tidak terjangkit, upayanya antara lain dengan menjaga pola hidup sehat dengan selalu mencuci tangan di air mengalir dengan sabun, makan-makanan bergizi, serta meningkatkan daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi vitamin dan rutin olahraga.

Bupati Rejang Lebong, H. Ahmad Hijazi, SH, M.Si dalam sosialisasi tersebut, mengimbau masyarakat Kabupaten Rejang Lebong agar tidak berlebihan dalam merespon berita virus corona ini namun tetap waspada. Masyarakat tetap tenang dan menjalankan aktivitas seperti biasa serta menjalankan Pola Hidup Bersih dan Sehat. "Salah satu hal yang penting dalam pencegahan ini adalah menjaga pola hidup sehat," sampai Hijazi.

Lanjutnya, apapun tantangan yang dihadapi terkait virus corona ini masyarakat diharapkan bisa menghadapi dengan hati tenang dan kepala dingin jangan sampai resah dan panik tetapi tetap waspada dengan menjaga pola hidup sehat. "Kepala OPD terkait yang ada di jajaran Pemkab RL agar tetap melakukan mensosialisasikan kepada masyarakat terkait cara-cara pencegahan dan penanganan virus mematikan ini," bebernya.

Dijelaskan Hijazi, kesiap-siagaan menghadapi dampak Covid-19 di Kabupaten Rejang Lebong tidak hanya dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan dan jajarannya saja, tetapi menjadi tanggung jawab bersama. "Khusus dari pagi sampai jam 12 siang ini saya meluangkan waktu untuk mengadakan Sosialisasi langsung. Saya harap masyarakat menaati kebijakan pemerintah, jauhi kerumunan orang banyak untuk sementara ini, dan jangan mengadakan kegiatan yang bersifatnya mengumpulkan orang banyak," demikian Hijazi.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) RL, Syamsir menambahkan, apabila ada yang flu pakailah masker agar tidak menular ke orang lain. Begitu juga kalau bersama orang yang sedang flu kita pakai masker. Sejauh ini belum ada indikasi kasus Virus Corona di Kota Curup. Namun upaya kewaspadaan tetap dilakukan. Kalau ada orang pulang dari negara yang terjangkit, itu yang harus diwaspadai dan harus dipantau. "Kita berharap Covid-19 ini tidak masuk ke wilayah Rejang Lebong. Mari bersama kita bergandeng tangan mencegah penyebaran virus ini. Taati kebijakan yang dikeluarkan pemerintah, pemerintah tidak akan berhasil mencegah virus ini kalau masyarakat tidak menaati kebijakannya dengan baik," terangnya.(ide)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: