Rujukan Covid-19, RSUD Mukomuko Siapkan Tim Khusus

Rujukan Covid-19, RSUD Mukomuko Siapkan Tim Khusus

RBO, MUKOMUKO - Gubernur Bengkulu, Dr. H. Rohidin Mersyah beberapa waktu lalu menunjuk Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mukomuko sebagai Rumah Sakit rujukan penanganan kasus virus Corona atau Covid-19. Mendapati perintah itu, RSUD Mukomuko langsung berbenah.

Direktur RSUD Mukomuko, dr. Tugur Anjastiko ketika dikonfirmasi, Minggu (29/3) mengatakan, sebelum ditunjuk sebagai Rumah Sakit rujukan, pihaknya juga sudah bersiap-siap untuk menangani pasien Covid-19. Namun setelah ada perintah Gubernur, persiapan lebih dimatangkan lagi.

Adapun persiapan yang dilakukan, jelas Tugur, menyiapkan ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) khusus penanganan kasus Covid-19. "Karena mulai dari yang berstatus pasien dalam pengawasan (PDP) penangananya sudah mesti secara khusus," terangnya.

Selain itu, RSUD Mukomuko juga telah menyiapkan jalur khusus pasien virus Corona. Baik yang berstatus PDP, Suspect, dan seterusnya. Jalur khusus itu langsung menunju ruang isolasi bagi pasien Covid-19.

"Pokoknya, saat ini terus kita persiapkan segala kebutuhan. Mana yang bisa kita persiapkan cepat, langsung kita siapkan. In sya Allah setiap hari ada progres, sampai kita betul-betul siap jika harus memahami kaus Covid-19 yang lebih serius. Walaupun itu tidak pernah kita harapkan," bebernya.

Selain persiapan ruangan, RSUD Mukomuko juga telah menunjuk tim untuk penanganan pasien virus Corona. Dan tim tersebut, kata Direktur, akan langsung dikomandoi oleh Dokter Spesialis penyakit dalam, dan Spesialis paru-paru.

"Satuan itu yang bakal menjadi ujung tombak. Tapi tentu ini menjadi tanggungjawab seluruh personel RSUD Mukomuko. Mohon doa dari masyarakat agar para tim medis kita diberi kekuatan serta kesehatan selama bertugas. In sya Allah kita bisa," pungkasnya. (sam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: