Rumah Warga Kecamatan Selagan Raya Disemprot

Rumah Warga Kecamatan Selagan Raya Disemprot

RBO,BENGKULU - Dalam upaya pencegahan penyebaran wabah virus corona (Covid-19), Kecamamatan Selagan Raya, Kabupaten Mukomuko, Selasa, 31 Maret 2020 pagi melaksanakan apel siaga covid 19 di lapangan Kantor Camat Selagan Raya. Dalam rangka demo larutan disinfektan, periksa kesehatan dan penyemprotan TTU & rumah PPT, bersama TNI, POLRI, Kades, instansi, Puskesmas.

"Ya, dalam upaya untuk memutuskan rantai penularan wabah virus corona (Covid-19) yang sekarang ini melanda ke seluruh dunia, maka dari itu kita melakukan penyemprotan menggunakan larutan disinfektan di lingkungan Kantor Camat, tempat-tempat umum dan lingkungan rumah masyarakat. Selai itu, juga melakukan pemeriksaan kesehatan, " ujar Camat Selagan Raya, Khairul Saleh, SKM, MM saat dihubungi RADAR BENGKULU, Selasa (31/3).

Lanjutnya, sampai saat ini pihaknya terus giat melakukan berbagai upaya untuk memutuskan rantai virus corona atau (covid-19). Salah satunya meminta kepada masyarakat agar tidak mengadakan perkumpulan orang banyak. Seperti mengadakan pesta dan lainnya. Dan surat imbauan sudah dia berikan.

Isi surat imbauan itu antara lain: 1. Aparat desa tidak boleh melaksanakan dinas luar daerah selama 14 hari ke depan. 2. Informasikan kepada seluruh masyarakat jika ada orang luar daerah yang masuk ke desa atau jika ada keluarga/famili yang pulang dari luar daerah segera laporkan ke desa dan ke puskesmas dengan tembusan ke camat untuk dilakukan pemantauan. 3. Lakukan kebersihan lingkungan di wilayah kerja desa masing-masing (gotong royong). 4. Agar melakukan yasinan tolak bala di setiap desa di wilayah kerja masing-masing. 5. Jika ada laporan dari desa, agar puskesmas segera lakukan penyelidikan efidimiliogi dan melaporkan hasil ke Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko. 6. Jika terjadi pernikahan di Kantor KUA, hendaknya membatasi jumlah pengunjung. Maksimal 10 orang. 7. Dewan guru tidak diperbolehkan keluar daerah selama 14 hari ke depan. 8. Lakukan ibadah salat 5 waktu, wudhu merupakan salah satu cara memutuskan mata rantai virus corona. (Covid-19) 9. Hindari kontak langsung dengan sesama. 10. Agar lebih sering mencuci tangan dengan sabun.

Selain itu, dia juga tidak bosan-bosan mengimbau kepada lapisan masyarakat Kecamatan Selagan Raya, sesuai dengan surat imbauan tersebut diminta kepada masyarakat agar dapat menjadi perhatian serius. Supaya, hal ini dapat mencegah penyebaran wabah virus corona (Covid-19) di Kecamatan Selagan Raya, Kabupaten Mukomuko. (cw1)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: