12.000 Warga Kepahiang Dapat Sembako Gratis

12.000 Warga Kepahiang Dapat Sembako Gratis

Pemkab Bagi Door To Door

RBO, KEPAHIANG - Sebanyak 12.000 Kepala Keluarga (KK) akan menerima bantuan paket sembako dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang tahap pertama. Pembagian sembako ini ada tiga tahap untuk jangka waktu tiga bulan pengendalian dan penanganan covid-19 di Kabupaten Kepahiang. Paket sembako yang dibagikan ke warga door to door tersebut berisikan  beras, telur, minyak, dan gula. "Jumlahnya sudah final untuk penerima bantuan tahap pertama ini ada sekitar 12 ribu KK sesuai keputusan pak Bupati,"ungkap Plt Kepala Dinsos Kepahiang, Julian Muda Parsah.

Untuk jadwal pembagian sembako direncanakan dalam minggu ini. Tepatnya sebelum masuk puasa, sehingga paket sembako yang diberikan Pemkab Kepahiang tersebut dapat digunakan untuk bekal selama bulan puasa. "Besok (Hari ini,red) Pak Bupati MoU dengan Bulog. Setelah itu mungkin pembagian langsung dilakukan. Untuk mekanisme pembagian dilakukan door to door. Nanti kami dari Dinsos akan bekerja sama dengan Kades dan Lurah untuk proses pembagiannya," terangnya.

Dijelaskannya, untuk penerima bantuan dari Pemkab Kepahiang adalah warga yang tidak mampu terdampak Covid-19. Dan mereka tidak mendapatkan bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dari Kementerian Sosial. "Untuk bantuan paket sembako yang bersumber dari APBD Kepahiang untuk warga yang tidak mendapatkan bantuan dari Kemensos. Data yang yang menerima bantuan ini sesuai dengan data yang disampaikan masing-masing Kades, dan Lurah yang ada di Kabupaten Kepahiang," jelasnya.

Ditambahkan, pembagian sembako ini juga akan berlangsung pasca lebaran nanti. Sejauh ini masih ada beberapa Desa yang belum menyampaikan data penerima ke pihak Dinsos. Dia berharap bagi desa  segera menyampaikan data. "Kita harap bagi desa yang belum menerima bantuan ini jangan khawatir. Nanti ada pembagian tahap selanjutnya, sekarang ini baru pembagian tahap awal," demikian Julian.(ide)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: