Pemkab Mulai Salurkan BLT untuk Masyarakat

Pemkab Mulai Salurkan BLT untuk Masyarakat

RBO, BENTENG - Pemkab Benteng mulai menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari dana desa kepada masyarakat terdampak virus corona atau covid 19 yang memenuhi syarat.

Penyaluran perdana dimulai dari Desa Pematang Tiga Lama dan Desa Taba Jambu yang secara simbolis diserahkan oleh Wakil Bupati Benteng Septy Peryadi,STP, Selasa (5/5).

Penyaluran BLT akan berlanjut di desa-desa lain yang sudah siap, baik secara administrasi maupun anggarannya. Jumlah desa di Kabupaten Benteng sebanyak 143 desa.

Masing-masing KK menerima BLT sebesar Rp 600.000 per bulan selama jangka waktu tiga bulan terhitung sejak April-Juni 2020. Penyaluran bantuan tersebut dalam bentuk buku tabungan yang sudah memiliki saldo dan kartu ATM.

Wakil Bupati Benteng Septy Peryadi menjelaskan, BLT yang bersumber dari dana desa merupakan salah satu upaya pemerintah untuk menanggulangi dampak covid 19 sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Desa dan PDTT.

Desa Pematang Tiga Lama dan Desa Taba Jambu merupakan desa perdana di Kabupaten Benteng yang menyalurkan dana BLT penanggulangan covid 19.

"Sasaran penerima BLT adalah warga miskin non PKH, Bantuan Pangan Non Tunai, warga yang kehilangan mata pencaharian, warga yanga belum terdata dan mempunyai keluarga rentan sakit menahun atau kronis," jelasnya.

Sementara itu, ia mengimbau kepada seluruh masyarakat Benteng agar mentaati protokol kesehatan yang dikeluarkan pemerintah. Sebab, untuk memerangi covid 19 tidak bisa menggunakan senjata secanggih apapun, tetapi mencegah covid 19 hanya bisa dengan memakai masker, cuci tangan dengan sabun, jaga jarak fisik dan protokol kesehatan lainnya. (ags)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: