Covid-19 Melonjak ke Semua Penjuru, DPR Minta Prov Bengkulu Persiapkan Pengajuan PSBB

Covid-19 Melonjak ke Semua Penjuru, DPR Minta Prov Bengkulu Persiapkan Pengajuan PSBB

RBO, BENGKULU - Provinsi Bengkulu diminta mempersiapkan diri guna mengajukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Mengingat jumlah peningkatan kasus positif Covid-19 dalam pertengahan bulan ini cukup melonjak. Bahkan kini sudah mencapai 37 kasus positif dan angka ini bisa terus naik.

"Saya selaku anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi PDIP Dapil Provinsi Bengkulu meminta pada pemerintah daerah bersama tim gugus tugas Covid-19 agar dapat mempersiapkan diri untuk pengajuan PSBB," ungkap Hj. Elva Hartati, Minggu (10/5).

Dijelaskan oleh Politisi perempuan PDIP tersebut. Adapun dasar kenapa Bengkulu perlu mengajukan PSBB? Hal itu karena Kota Bengkulu telah ditetapkan statusnya sebagai daerah transmisi lokal penularan Covid-19 antar penduduk lokal.

"Kemudian jumlah kasus positif Covid-19 juga sudah menjadi 37 kasus. Ditambah ODP dan PDP yang jumlahnya mencapai ratusan orang. Dengan diberlakukannya PSBB nanti, diharapkan setidaknya mampu menekan penyebaran Covid-19 dan penularan antar penduduk lokal dapat diminimalisir," jelasnya.

Selain itu apa yang harus dipersiapkan untuk mengajukan PSBB? Pertama kesiapan dana anggaran untuk penyaluran Bantuan Sosial (Bansos) guna memenuhi kebutuhan pangan masyarakat selama PSBB. Kemudian syarat data pendukung lainnya seperti jumlah kasus dan tingkat potensi kerawanan penyebaran.

"Disini, kami sebagai wakil rakyat Bengkulu di senayan. Terutama saya di Komisi IX DPR RI yang memang merupakan mitra dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dimana untuk pengajuan PSBB melalui Kemenkes dan izin Presiden. Saya siap ikut mendorong pemerintah pusat untuk mengakomodir Bengkulu diberlakukan PSBB saat pengajuan itu disampaikan nanti. Harapan kita, Bengkulu bisa secepat mungkin melakukan tindakan agarĀ  penyebaran Covid-19 di daerah kita ini bisa menurun jumlahnya. Bagi masyarakat, hendaknya patuhi imbauan pemerintah, jangan berkumpul, rajin cuci tangan, gunakan masker, tingkatkan imun tubuh dengan rutin mengkonsumsi vitamin serta bisa juga dengan mengkonsumsi rebusan air daun sungkai. Sebab daun sungkai yang banyak tersedia di daerah kita ini, terbukti cukup efektif untuk meningkatkan imunitas daya tahan tubuh," pungkas Elva yang juga Ketua DPD PDIP Provinsi Bengkulu tersebut. (idn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: