Langganan Banjir, Disperkim Usulkan Relokasi Rumah Terdampak Banjir

Langganan Banjir, Disperkim Usulkan Relokasi Rumah Terdampak Banjir

RBO, SELUMA - Selalu menjadi langganan terdampak banjir rob setiap tahun, sejumlah desa di wilayah pesisir pantai Maras Kecamatan Semidang Alas Maras diusulkan pembangunan rumah terdampak banjir oleh Dinas Perumahan dan Pemukiman Seluma.

Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Seluma, Erlan Suadi SP. M.AP melalui Kabid Perumahan Djoko Tabes M. Si menyampaikan pihaknya dalam waktu dekat akan mengusulkan rumah warga yang terdampak banjir ke Kementerian PUPR RI.

"Kami bersama pihak terkait, Senin (11/5) lalu sudah melakukan pengecekan ke lokasi terdampak banjir rob. Hasil monitoring dilapangan ada puluhan rumah warga yang terdampak musibah banjir," ujar Djoko Tabes M. Si, Selasa (12/5).

Data sementara, setidaknya ada sekitar 32 rumah warga yang terdampak banjir rob dengan ketinggian mencapai lutut dewasa yang terjadi beberapa hari lalu. Jika usulan ini diakomodir, sejumlah rumah tersebut akan direlokasi atau dibangun baru di lokasi yang akan ditentukan. "Tidak menutup kemungkinan jumlah itu bertambah," sampainya.

Meskipun dalam peristiwa musiman tak merenggut korban jiwa, namun kondisi itu merugikan warga secara material. Bahkan tidak menutup kemungkinan mengancam jiwa. Untuk mewujudkan relokasi, juga diperlukan adanya kesadaran dan kerjasama pihak terkait dan warga yang rumahnya bakal direlokasi .(One)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: