Kabar Baik, Sepekan Ini Bengkulu Nihil Kasus Positif

Kabar Baik, Sepekan Ini Bengkulu Nihil Kasus Positif

RBO  >>>  BENGKULU  >>>  Kabar baik untuk perkembangan Covid-19 di Provinsi Bengkulu. Pasalnya, selama sepekan terakhir, dari tanggal 2 sampai 8 Juni 2020, tidak ada penambahan kasus positif Covid-19. Apalagi, pasien dinyatakan sembuh sudah mencapai angka 41 orang, bisa dibilang hampir setengah dari 92 kasus yang terjadi di Bengkulu.

"Langkah konkrit yang kami ambil, supaya dapat mempertahankan. Tidak ada penambahan kasus positif. Kami terus menyampaikan untuk meningkatkan upaya 3T (Testing, Tracing dan Terapi). T pertama, Testing, artinya melakukan pemeriksaan. Misalnya melakukan pengambilan swab dan rapid test. T kedua, Tracing. Yaitu meningkat tracing penelusuran terhadap kasus-kasus, baik ODP, PDP, dan kasus yang kontak dengan pasien positif ini harus dilakukan secara agresif. Sehingga tidak ada lagi orang-orang yang ODP, PDP, OTG, atau kontak dengan positif tidak terlacak oleh kami," ujar Kepala Dinkes Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni pada konfrensinya pres nya kemarin.

Untuk T ketiga, Terapi atau pengobatan, artinya, seluruh kasus positif harus diterapi secara baik. Sesuai standar SOP Covid-19. Proses penyembuhan mereka harus mendapatkan pengobatan yang tepat. Sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan.

"Di samping itu, dengan pengobatan, mereka juga harus mendapatkan dukungan secara psikologis dari semua pihak. Baik tenaga kesehatan, keluarga, teman dan sebagainya, sehingga dapat memacu meningkatkan imunitas tubuh. Terutama di pusat karantina terus diprogram. Seperti ada program harian, senam pagi, olahraga, hiburan, siraman rohani dan lain-lain, sebagai bentuk penghargaan kami pada mereka, supaya pasien positif cepat sembuh," terangnya.

Sedangkan untuk perkembangan kasus Covid-19 per tanggal 8 Juni 2020, ada penambahan 1 PDP dan 3 orang hasil pemeriksaan rapid test dinyatakan reaktif.

"1 penambahan PDP hari ini (Senin-red), berinisial Y.Z, umur 55 tahun. Alamat Kota Bengkulu. Keluhan sesak nafas. Hasil Rapid Test Reaktif. Saat ini dirawat di Rumah Sakit M. Yunus Bengkulu. Sedangkan untuk 3 orang dinyatakan reaktif, pertama, berinisial Su, jenis kelamin laki-laki, umur 42 tahun. Alamat, Kabupaten Rejang Lebong. Baru akan dilaksanakan pengambilan swab dan saat ini melaksanakan isolasi mandiri.

Kedua, berinisial D.R.K, jenis kelamin perempuan, umur 36 tahun, alamat Kota Bengkulu. Sudah dilaksanakan pengambilan swab dan menunggu hasil. Saat ini melakukan isolasi mandiri. Ketiga, berinisial. T.C, jenis kelamin laki-laki, umur 41 tahun. Alamat, Kota Bengkulu. Sudah dilaksanakan pengambilan swab dan menunggu hasil. Saat ini melakukan isolasi mandiri," ujar Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Jaduliwan SE, M.M.

Untuk total ODP, lanjutnya, sebanyak 811, ODP selesai pemantauan 729, ODP masih dalam pemantauan 82, tambahan ODP hari ini nihil. Total PDP sebanyak 63. PDP yang dinyatakan sehat 12, PDP menjadi konfirmasi 7, PDP proses pengawasan/dirawat 24, PDP meninggal 20 orang.

"Jumlah sampel yang diperiksa di laboratorium sebanyak 1.280 orang. Sampel positif 92, sampel yang proses pemeriksaan 168, pengambilan swab di Labkesda Provinsi Bengkulu hari ini 10 sampel. Rapid test yang sudah dilakukan sebanyak 9.842, rapid test yang unreaktif 9.679, rapid tets reaktif 163 orang" tutupnya. (ach)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: